Manfaat Influencer Marketing untuk Perkembangan UKM

Manfaat Influencer Marketing untuk Perkembangan UKM

Metode untuk marketing produk saat ini semakin banyak. Apalagi saat ini sudah sangat mengandalkan teknologi digital. Salah satu cara yang kerap digunakan para pelaku UKM adalah memanfaatkan adanya influencer marketing. Marketing jenis ini dikenal sebagai marketing paling banyak pengaruhnya.

Sebelum membahas lebih dalam ketahui dulu makna influencer dalam marketing ini. Influencer marketing merupakan jenis pemasaran yang menggunakan jasa influencer seperti selebriti atau orang berpengaruh untuk menggunakan produk UKM sesuai target penjualan pasar.

10 Manfaat Influencer Marketing Bagi UKM

Banyak orang sering bertanya, sebenarnya apa yang jadi manfaat penggunaan metode pemasaran dengan influencer ini? Apakah ada pengaruh besar untuk bisnis jenis UKM? Ternyata ada cukup banyak manfaat influencer marketing di dunia UKM. Simak saja berikut ini poin-poin ulasannya:

1. Memberikan Nilai Kepercayaan dari Masyarakat

Menggunakan marketing dengan menggaet influencer akan memberikan dukungan berupa kepercayaan publik. Saat seorang influencer berani menggunakan produk bisnis Anda sekaligus memasarkannya, maka tingkat percaya masyarakat akan produk Anda akan meningkat.

Hasil kepercayaan masyarakat jauh berbeda jika produk dipasarkan secara konvensional tanpa influencer. Masyarakat akan butuh waktu agak lama untuk bisa menerima produk Anda.

Bahkan saat ini terbukti bahwa banyak pengguna yang menggunakan produk tertentu karena adanya pengaruh dari seorang influencer. Bisa dibilang kekuatan influencer ini sangat besar.

2. Mencapai Jumlah Konsumen Lebih Banyak

Selain menanamkan rasa percaya konsumen pada produk bisnis Anda, dengan menggunakan jasa influencer pun dapat membantu mendongkrak jumlah konsumen. Pemasaran yang dilakukan dengan cara menaruh iklan di blog, akan berpotensi terlewatkan oleh konsumen.

Lain ceritanya jika pemasaran produk dilakukan melalui media sosial yang memasang wajah influencer memakai produk tersebut. Banyak orang akan lebih tertarik untuk melihat konten yang dibawakan oleh influencer di media sosial.

Apalagi seperti yang Anda tahu, bahwa saat ini hampir semua orang di dunia ini memakai media sosial dengan kadar waktu yang sering setiap harinya.

Dengan menampilkan influencer yang menggunakan produk secara soft-selling, konsumen akan lebih tertarik dan pada akhirnya metode ini bisa menarik lebih banyak konsumen.

3. Mengembalikan Modal dengan Potensi Lebih Besar

Penggunaan jasa influencer dalam memasarkan produk UKM ternyata bisa membuat modal bisnis jadi lebih cepat dan lebih besar kembalinya. Menggunakan jasa influencer memang awalnya butuh dana besar untuk membayar jasa itu sendiri.

Namun tenang saja, karena pengaruh besar yang diberikan seorang influencer maka akan lebih besar juga hasil penjualan produk yang akan masuk karena pengaruh influencer tersebut. Sudah pasti jika penjualan meningkat pesat, modal bisnis akan lebih cepat kembali.

Bahkan hasil kembalian modal tersebut juga berpotensi lebih besar dibandingkan modal yang dikeluarkan di awal, artinya Anda akan sekaligus mendapatkan laba besar.

4. Produk yang Jadi Pusat Perhatian

Influencer yang menggunakan produk dari bisnis UKM Anda akan membuat para followers mereka jadi lebih perhatian terhadap jenis produk apa yang sedang dipakai influencer-nya itu. Tidak harus menggunakan influencer papan atas.

Anda hanya perlu menggunakan jasa influencer dari orang yang sedang viral di jagat maya. Seseorang yang tengah viral biasanya akan jadi pusat perhatian lebih banyak dibandingkan selebriti biasa yang berperan sebagai influencer.

Maka jika ingin produk UKM Anda jadi pusat perhatian lebih cepat di dunia maya, gunakan saja jasa influencer yang sedang viral untuk menggunakan produk UKM Anda ini. Bahkan produk Anda bisa jadi viral juga karena pengaruh influencer tersebut.

5. Mendongkrak Jumlah Penjualan

Menggunakan jasa influencer tidak harus membuat seorang influencer melakukan sebuah promosi langsung di media sosialnya. Anda bisa gunakan strategi yang mana seorang influencer menggunakan produk Anda di sebuah momen tertentu.

Setelah menggunakan produk tersebut, masyarakat yang mengenalnya cenderung akan mencari nama produk yang tengah dipakai oleh influencer tersebut. Hal ini biasanya terjadi pada seorang influencer yang namanya sudah sangat besar di jagat raya.

Semakin terkenal influencer yang Anda gunakan untuk marketing, semakin besar pula peluang untuk mendongkrak penjualan produk dari bisnis UKM Anda.

Bahkan penjualan produk bisa saja melejit hanya dalam waktu 24 jam jika influencer ini memang dikenal punya pengaruh besar di dunia maya maupun dunia nyata. Contohnya seperti artis K-Pop, BTS.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan di 2022

6. Mendekatkan Brand dengan Konsumen

Seseorang memakai produk tertentu tentu harus diawali dengan mengenal produk tersebut lebih dulu. Saat seorang influencer benar-benar menggunakan produk tersebut untuk dipasarkan, maka masyarakat akan lebih percaya.

Selanjutnya secara otomatis masyarakat yang menjadi followers influencer tersebut akan mencari produk apa yang dipakai idolanya tersebut. Dari sana secara otomatis pula kedekatan brand dengan konsumen akan tercipta.

Setelah tercipta suatu kedekatan antara konsumen dan produk, maka akan semakin mudah bagi produk tersebut terjual dalam jumlah penjualan yang besar. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis UKM.

7. Memperluas Jangkauan Pangsa Pasar Produk

Dengan menggunakan jasa influencer terkenal, maka kemungkinan membuat produk atau brand Anda terkenal juga pasti lebih besar. Contohnya bisa Anda lihat produk dari brand skincare yang menggunakan influencer aktor Korea Selatan.

Konsumen di berbagai belahan dunia yang mengidolakan aktor Korea tersebut pun akhirnya mengenal brand produk UKM Anda karena sudah dipromosikan dan digunakan oleh aktor yang jadi idolanya tersebut. Dengan begitu pangsa pasar produk Anda akan otomatis meluas.

Anda jadi lebih mudah mengenakan brand ke seluruh konsumen di dunia ini. Karenanya pengaruh influencer marketing ini sangatlah besar bagi pelaku UKM.

8. Menambah Followers Brand

Saat melakukan promosi produk menggunakan influencer marketing, sudah pasti usaha Anda harus punya akun media sosial juga. Sehingga nantinya influencer bisa dengan mudah mengarahkan para followers-nya untuk mengetahui produk lebih detail hingga memesan produk.

Dengan pengaruh yang diberikan influencer tersebut, konsumen cenderung akan mengikuti akun bisnis Anda sebut akhirnya menggunakan produk tersebut. Dengan catatan, sebaiknya Anda tidak mengunci akun secara privat karena akan menimbulkan rasa malas dari konsumen.

Dari sinilah followers akun bisnis Anda berkembang dengan pesat. Bahkan hasil peningkatan followers ini pun bisa jadi keuntungan lain untuk bisnis dan penghasilan Anda. Dan biasanya semakin banyak followers sebuah brand, akan semakin dipercaya oleh konsumen.

Baca juga: 6 Kesalahan Promosi Produk yang Harus Dihindari UKM

9. Koleksi Testimoni

Banyaknya hasil testimoni dari masyarakat di berbagai kalangan, memang akan memberikan pengaruh besar terhadap bisnis UKM.

Jika salah satu testimoni tersebut juga dilakukan oleh seorang influencer, maka bisa ditebak akan semakin banyak konsumen yang akhirnya memilih produk Anda untuk dibeli.

Baca juga: Testimoni: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

10. Membangun Brand Awareness

Bisa dibilang produk apapun yang pernah digunakan atau dipromosikan oleh aktor idola konsumen, akan lebih mudah diingat oleh konsumen tersebut. Contohnya saja ketika influencer kelas dunia yang menjadi brand ambassador sebuah produk.

Brand produk yang pernah dipromosikan tersebut akan lebih mudah diingat konsumen bahkan cenderung akan digunakan oleh konsumen tersebut. Dengan begini, brand awareness akan tercipta di kalangan masyarakat khususnya para followers atau penggemar dari influencer tersebut.

Baca juga: Tips Membangun Kerjasama dengan Influencer Marketing

Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis

Dari 10 manfaat influencer marketing di atas, sudah bisa disimpulkan bahwa pengaruh seorang influencer dalam dunia pemasaran bisnis UKM akan membawa dampak positif yang sangat besar. Bisnis UKM akan cenderung sukses lebih cepat saat menggunakan jasa influencer ini.

Jika Anda adalah UKM yang berada di Sumatera Utara dan ingin berkembang, daftar UKM Sumut untuk mendapatkan keuntungannya. Anda juga dapat menemukan informasi dan rekan bisnis untuk memperluas jaringan Anda di UKM Sumut.