platform untuk memasarkan produk UKM

Referensi Platform Untuk Memasarkan Produk UKM

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak saja orang yang melakukan bisnis. Para pebisnis memulai dari bisnis rumahan untuk menambah pendapatan mereka. Bagi Anda yang mempunyai bisnis rumahan, ketahui tempat terbaik untuk mempromosikan produk UKM.

Berkat kemudahan teknologi, kini berbisnis bisa menjadi lebih mudah. Tidak perlu menyewa toko dan menyewa tenaga kerja yang banyak untuk memulai bisnis. 

Kini Anda bisa memulai bisnis dari rumah dan bahkan bisa dilakukan sembari melakukan pekerjaan lain. Banyak orang memulai bisnis untuk mendapatkan pemasukan tambahan di tengah kondisi ekonomi yang kian sulit. 

Sebagai pebisnis, Anda tidak hanya harus fokus pada kualitas produk saja. Namun, harus memperhatikan strategi pemasaran supaya produk menjadi terkenal dan semakin banyak orang yang membeli. 

Terdapat berbagai platform yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk UKM. Yuk simak daftar platform terbaik tersebut 

1. Facebook 

Platform pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk ialah Facebook. Mengapa harus Facebook? Hal ini karena Facebook memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia, di Indonesia lebih dari 140 juta pengguna. 

Dengan pasar yang besar ini, Anda bisa mempromosikan berbagai hal termasuk produk UKM yang diminati masyarakat. Kini banyak pengguna Facebook yang sering berjualan mulai dari barang fashion hingga makanan. 

Selain memposting produk di akun Facebook, Anda juga bisa melakukan siaran langsung. Cara ini dapat menarik banyak pembeli karena Anda menunjukkan langsung barang yang tersedia.

Baca juga: Strategi Digital Marketing Untuk Penjualan Produk UKM

2. Instagram

Satu lagi pilihan media sosial yang memiliki jumlah pengguna tinggi yakni Instagram. Bukan hal baru lagi jika Instagram kini telah berubah menjadi tempat promosi berbagai pelaku bisnis, termasuk pelaku UKM. 

Banyak orang ketika ingin mencari produk maka akan melihat akun profilnya terlebih dulu di Instagram. Sebagai pelaku UKM, Instagram adalah salah satu tempat terbaik untuk promosi. 

Bagaimana cara memaksimalkan pemasaran di Instagram? 

Anda bisa mengupload foto produk yang menarik dan membuat feed Instagram menjadi lebih rapi. Pilihlah tema dan warna yang memiliki ciri khas sesuai dengan produk yang Anda jual. 

Jika terdapat anggaran lebih, Anda juga  bisa memanfaatkan jasa influencer untuk mereview produk. Pilihan lainnya ialah menggunakan jasa Instagram ads sehingga akun Instagram Anda bisa muncul ke beranda pengguna lain. 

3. Google My Business 

Memiliki produk UKM terlaris dan memiliki tempat berdagang sendiri? Jika ingin toko ramai dan laris, maka lakukanlah pemasaran secara masif. 

Anda bisa memanfaatkan Google My Business agar orang lain bisa mengetahui keberadaan toko yang Anda miliki . Google merupakan mesin pencari yang banyak digunakan untuk mencari informasi, hal ini memberikan keuntungan bagi Anda. 

Salah satu fitur Google My Business ialah Google Maps. Cara kerjanya ialah jika seseorang mencari referensi yang terkait dengan produk Anda, maka alamat Anda akan muncul pada hasil pencarian tersebut. 

Misalkan seseorang mencari “tempat makan mie ayam”, maka toko mie ayam Anda akan muncul pada pencarian tersebut. 

Baca juga: 6 Kesalahan Promosi Produk yang Harus Dihindari Bisnis UKM

4. Zomato 

Wisata kuliner semakin berkembang saja setiap waktunya, rasanya bisnis ini menjadi salah satu bisnis UKM yang cukup menguntungkan. 

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang apabila ingin mencoba sesuatu maka mereka akan mencari informasinya. Khusus pencarian bidang kuliner, Zomato adalah salah satu platform yang terpercaya. 

Dalam platform ini ditampilkan menu, review, harga hingga suasana tempat makan. 

Bagi Anda pelaku produk UKM makanan, memanfaatkan Zomato adalah hal yang cukup penting. Semakin lengkap informasi dan semakin bagus reviewnya, maka akan semakin tinggi peluang tempat makan dikunjungi pembeli. 

5. E- Commerce

Rekomendasi platform terakhir yang bisa menjadi tempat Anda memasarkan produk UKM ialah E – Commerce. 

Kebiasaan belanja masyarakat mengalami perubahan, masyarakat semakin sering berbelanja melalui E Commerce. Alasannya ialah produk lebih lengkap, harga lebih murah dan tidak perlu repot repot keluar rumah. 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan keuntungan bisnis, manfaatkan E- Commerce sebaik mungkin. Jika memungkinkan, gunakan lebih dari satu E-Commerce agar peluang produk terjual semakin tinggi.

Kini semakin banyak orang yang berbisnis, tidak perlu malu jika Anda memulai bisnis rumahan dari 0. Perlahan namun pasti, jika terus konsisten maka bisnis bisa lebih maju. 

Jangan lupa manfaatkan berbagai platform terbaik untuk memasarkan produk UKM Anda. Ketahui kebutuhan Anda dan maksimalkan penggunaannya sebaik mungkin. 

Yuk, cari tahu seputar pemasaran digital dengan mengunjungi artikel Penjualan Bisnis UKM lainnya!