meningkatkan produktivitas bisnis

5 Faktor Penting untuk Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Fundera mencatat, 20% bisnis biasanya gagal pada tahun pertama, 30% pada tahun kedua, dan 50% pada tahun kelima. Faktanya, hanya 30% yang sanggup berdiri satu dekade kemudian. Semua disebabkan karena ketidaktahuan terhadap faktor untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Anda pasti ingin jadi bagian dari 30% yang bertahan bukan?  Jika ya, maka penting untuk menyiapkannya sekarang. Berikut 5 faktor krusial yang akan mendorong produktivitas dan membuat bisnis semakin berkembang.

1. Manajemen

Jika diibaratkan dengan kendaraan, manajemen adalah sopir. Sebagai perintis sekaligus pemimpin bisnis, Anda harus mampu memberi arah, menggambarkan peta jalan, dan mengatur bisnis secara komprehensif untuk sampai pada tujuan.
Setidaknya ada 7 hal yang perlu Anda lakukan agar fungsi manajemen ini menghasilkan produktivitas:

  • Menetapkan dan mengembangkan visi serta misi.
  • Melakukan analisis bisnis dan operasional.
  • Merancang strategi dari opsi yang paling baik.
  • Menetapkan tujuan strategis.
  • Melakukan eksekusi terhadap strategi.
  • Menetapkan alokasi sumber daya yang efektif.
  • Senantiasa mengevaluasi apa yang sudah dieksekusi.

Untuk menjalankan berbagai aktivitas di atas, siapa pun yang berada pada posisi manajemen, tak boleh berhenti untuk belajar. Dari waktu ke waktu, pasti ada banyak hal baru untuk diterapkan dalam bisnis Anda.

2. Orang

Filosofi the right man on the right place sangat relevan dengan bisnis. Tak sedikit bisnis yang runtuh karena diisi orang-orang yang tak memiliki kapasitas dalam mengemban tanggung jawabnya. Jadi, jangan sembarangan mendelegasikan tugas-tugas bisnis jika ingin berkembang.

Ketika satu orang tak berjalan sebagaimana mestinya dalam proses bisnis, itu bisa mengganggu keseluruhan. Jika Anda tak menghendaki ini, berikan perhatian serius ketika merekrut orang-orang yang ingin Anda jadikan bagian di dalam tim dalam bisnis.

Sebab, ini merupakan faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja tim Anda. Jangan ragu berinvestasi untuk mendapatkan right man on right place!

3. Produk dan Layanan

Ketika Anda sudah tahu produk atau layanan paling tepat untuk Anda kembangkan, persoalannya belum selesai di sana saja.

Jika Anda ingin bisnis berkembang, produk dan layanan perlu diberikan berbagai sentuhan terbaik. Tentu saja, semua berdasarkan keinginan dan kebutuhan customer.

Jadi, cobalah memikirkan hal-hal penting lainnya seperti berikut:

  • Kualitas terbaik
  • Harga paling pas
  • Pengemasan yang menarik
  • Desain berkesan
  • Distribusi produk atau layanan yang efektif menjangkau konsumen
  • dan masih banyak lagi

Tentu saja hal-hal di atas bukan perkara sederhana. Tapi yakinlah, bahwa impact-nya akan sangat terasa. Tak percaya? Coba saja!

4. Sistem dan Proses

Jika Anda seorang pedagang biasa yang tak punya visi untuk memperbesar dan memperluas jangkauan bisnis, Anda boleh abaikan faktor ini.

Namun, bisnis besar selalu memiliki sistem yang jelas dari hulu ke hilir. Setiap divisi bekerja dengan manual yang baku dan profesional.

Anda bisa lihat bagaimana pabrik-pabrik raksasa bekerja membangun sistem yang membuat setiap orang bergerak layaknya robot. Mereka juga membuat indikator produktivitas kerja sebagai alat ukur ketercapaian tugas setiap anggota bisnisnya.

Peningkatan produktivitas kerja juga berhubungan dengan faktor sistem. Sistem akan mempermudah proses mengarahkan, menertibkan, hingga mengontrol. Anda bahkan bisa memangkas anggaran pegawai jika memungkinkan.

Baca juga: Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Menariknya, Anda bisa dengan mudah melakukan duplikasi dengan membangun cabang baru untuk bisnis Anda jika faktor yang sudah Anda miliki ini cukup mapan.

5. Pemasaran dan Penjualan

Terakhir dan tak kalah penting, produktivitas sangat bergantung dengan proses memasarkan dan menjual. Keduanya merupakan ‘duet striker’ yang menjadi lumbung income bagi bisnis Anda.

Ada lima alasan yang menggambarkan betapa pentingnya faktor ini:

  • Memungkinkan produk dan layanan terjual dan menjangkau sebanyak mungkin market.
  • Menjadi pusat informasi, menghubungkan bisnis dengan audiens.
  • Menentukan reputasi (branding) bisnis di hadapan pasar.
  • Mendorong keterlibatan bisnis dengan pelanggan, sehingga memungkinkan terjadinya penjualan berulang ke pelanggan yang sama.  Dengan demikian, terjadi efektivitas biaya pemasaran.
  • Menentukan perkembangan dan daya tahan bisnis.

Perusahaan yang baru berdiri sebaiknya tak ragu mengalokasikan 20-25% pendapatannya sebagai anggaran pemasaran. Ketika sudah mapan, dimungkinkan untuk melakukan pemangkasan menjadi 10-15% saja. Meski faktanya, umumnya bisnis hanya mengalokasikan 7-8%.

Rekomendasi

Kelima faktor untuk meningkatkan produktivitas bisnis di atas saling berhubungan satu sama lain. Anda tidak bisa fokus hanya pada salah satu faktor lalu mengabaikan faktor lainnya.
Jika bisnis Anda tidak bisa fokus menjalankan semua faktor di atas secara bersamaan, maka penting untuk membangun jejaring sesama pebisnis. Salah satu contohnya dengan mendaftarkan bisnis Anda ke UKM Sumut!