strategi facebook ads

Strategi Facebook Ads untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

Di era kampanye marketing secara digital, media sosial Facebook kini memiliki fitur bernama Facebook Ads untuk memenuhi keperluan promosi dari berbagai jenis bisnis.

Dulu, Facebook merupakan platform media sosial yang hanya berisi konten-konten yang sifatnya hanya hiburan serta informasi semata. Para pengguna media sosial ini cenderung hanya melakukan interaksi sosial untuk keperluan komunikasi atau mencari kenalan baru.

Namun sekarang, Facebook sudah bisa menjadi media promosi yang efektif dengan adanya fitur keren bernama Facebook Advertising (Facebook Ads).

Bahkan, promosi dengan media sosial ini terbukti ampuh, kira-kira apa saja ya strategi Facebook Ads paling efektif ?

8 Strategi Facebook Ads Paling Efektif Untuk Bisnis!

Jika Anda tertarik dan mempunyai rencana untuk melakukan kampanye marketing di media sosial ini, berikut adalah strategi pemasaran paling ampuh di media sosial Facebook:

1. Gunakan Iklan Multi Produk

Dalam Fitur iklan yang ini, Anda dapat menampilkan beberapa konten visual dalam satu iklan saja. Jadi, para audiens bisa dengan mudah menelusuri gambar dan beralih ke setiap tautan produk yang Anda iklankan.

Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan hal lain dan tidak terfokus pada produk saja. Tetapi Anda juga bisa mempromosikan konten artikel blog, e-books, sebuah webinar, dan lain sebagainya.

Dengan strategi Facebook Ads ini, audiens akan dengan mudah menemukan semua produk yang Anda iklankan.

Selain itu, secara psikologis audiens akan secara alami mengklik produk tersebut dan memiliki ketertarikan tinggi setelah melihat banyak jenis produk.

2. Optimalkan Fitur Target Ads

Dalam media periklanan Facebook, terdapat sebuah fitur yang bernama “Target Ads”. Pada fitur tersebut terdapat sebuah tool yang berfungsi memfokuskan target iklan yang dapat melihat kampanye marketing Anda. Jadi, Anda harus mengoptimalkan fitur tersebut agar iklan Anda lebih efektif.

Caranya, Anda hanya perlu melakukan analisis data pasar terkait kalangan usia dan jangkauan konsumen bisnis Anda. Dari riset ini lah Anda dapat menentukan target periklanan dan mengoptimalkan jangkauan audiens yang bisa melihat iklan tersebut.

Ketika target iklan telah teroptimasi, tentunya iklan yang Anda pasang akan memberikan hasil berupa audiens baru, serta konsumen baru dengan jangkauan yang lebih luas.

3. Manfaatkan Metode Link to Marketplace

Pada dasarnya, metode ini bukanlah fitur utama dari jasa periklanan Facebook. Namun, jika Anda mengoptimalkan metode ini dengan baik, maka tentu hasilnya adalah omset penjualan bisnis Anda akan meningkat secara pesat. Dan metode ini terbukti efektif sebagai opsi tambahan strategi Facebook Ads.

Caranya, dalam setiap iklan di media sosial mana pun, Anda harus membuat sebuah backlink khusus yang mengarah ke marketplace seperti, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sejenisnya. Mengapa demikian? Karena, pada saat audiens melihat iklan Anda tentu akan timbul rasa tertarik untuk membelinya.

Setelah itu, tentu audiens akan mencari tahu bagaimana cara mendapatkan produk tersebut. Ketika Anda telah menghubungkan tautan menuju ke sebuah marketplace, pastinya audiens akan dengan mudah bisa membeli produk yang Anda iklankan tersebut.

4. Gunakan Fitur Penawaran “Facebook Offer”

Memang tidak bisa untuk Anda pungkiri jika mayoritas para konsumen menyukai bentuk penawaran menarik seperti diskon potongan harga. Selain itu, para audiens akan cenderung mengklik iklan produk Anda ketika melihat kalimat yang berbau “diskon” di dalamnya.

Jika sebelumnya Anda telah berhasil mendapat pasar tersendiri, Anda bisa membuat sebuah iklan khusus yang berisi penawaran menarik serta potongan harga.

Hal yang sangat unik dari sebuah diskon yaitu para konsumen Anda tidak perlu beralih ke situs lain untuk mengambil tawaran diskon tersebut. Selain itu, para konsumen juga dapat mengetahui berapa pengunjung dan audiens yang telah mengklaim penawaran diskon dari iklan Anda.

5. Maksimalkan Facebook Video Ads

Konten video, terbukti sangat ampuh untuk aktivitas kampanye marketing di media sosial Facebook untuk tingkatkan penjualan. Terlebih lagi, Facebook yang dulunya merupakan platform bersifat hiburan, tentu para audiens di media sosial ini sangat menyukai konten video.

Tak hanya ampuh untuk strategi Facebook Ads, dengan menggunakan video sebagai konten promosi juga sangat efektif digunakan di media sosial lain seperti Instagram, Google, dan TikTok.

Hal ini karena konten video memiliki visual yang menarik dan juga informasi yang mudah penyampaiannya. Namun, Anda perlu membuat konten video berkualitas dengan durasi yang sesuai dengan ketentuan media sosial.

6. Buat Call to Action Secara Khusus

Fitur Call to Action ini adalah fitur terbaik yang tersedia khusus dalam Facebook Ads. Jadi, fitur ini bisa menjadi sebuah cara untuk memaksimalkan iklan dengan sangat efektif untuk peningkatan omset bisnis Anda.

Dengan Call to Action, Facebook akan secara otomatis melakukan promosi khusus kepada audiens tertentu dengan cara mengirim iklan dalam bentuk pesan secara personal. Sehingga, audiens akan merasa menjadi konsumen prioritas dan tertarik untuk melakukan pembelian.

Caranya membuatnya adalah dengan memilih Text and Link dan memasukkan para audiens tertentu sebagai penerima iklan dari pengaturan Call to Action tersebut.

7. Gunakan Fitur LookaLike Audience

Lookalike Audience merupakan fitur baru yang juga efektif sebagai strategi Facebook Ads. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat sebuah target audiens baru namun memiliki keterkaitan yang sama dengan target audiens sebelumnya yang telah masuk dalam database iklan.

Sebagai contoh, Anda mempunyai database yang berupa kumpulan email pelanggan. Maka, secara otomatis Anda bisa membuat target audiens baru yang sesuai dengan database email pelanggan tersebut.

Jadi, Anda bisa memasang iklan baru dengan target audiens baru yang telah teroptimasi sehingga biaya yang diperlukan menjadi lebih rendah. Selain itu, Anda juga mempunyai keuntungan tambahan yaitu jangkauan audiens yang menjadi bertambah luas.

8. Analisis Iklan

Jika Anda telah mengetahui cara membuat Facebook Ads dan beriklan di platform tersebut, maka Anda perlu juga untuk melakukan analisis iklan. Apabila iklan yang Anda pasang hanya Anda diamkan begitu saja, itu merupakan kesalahan besar.

Anda perlu melakukan sebuah analisis data terkait iklan tersebut. Analisa ini, bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya iklan yang Anda pasang, dan bagaimana jangkauan iklan tersebut untuk mencapai target audiens.

Nantinya, Anda bisa melakukan inovasi serta improvisasi strategi Facebook Ads yang lebih efektif untuk meningkatkan omset penjualan bisnis Anda. Selain itu, analisis ini juga berguna sebagai penentu target audiens, serta menentukan Call to Action apa yang paling tepat agar iklan tersebut lebih efektif.

Tertarik Memasang Iklan di Facebook Ads?

Itu dia 8 strategi Facebook Ads yang efektif untuk perkembangan bisnis. Dalam melakukan promosi di dunia media sosial, fitur iklan saja tidaklah cukup sebagai alat optimasi iklan tersebut. Namun, inti dari iklan berkualitas adalah isi konten iklan dan juga kualitas produk yang Anda tawarkan dalam iklan tersebut.