mengapa usaha kecil perlu dikembangkan

Mengapa Usaha Kecil Perlu Dikembangkan? Bagaimana Caranya?

Setiap pelaku usaha pasti ingin bisnisnya berjalan dengan dinamis dan memberikan hasil yang meningkat, khususnya bagi pelaku usaha kecil agar dapat berkembang menjadi lebih besar. Namun, tahukah Anda mengapa usaha kecil perlu dikembangkan?

Bukankah lebih baik bila usaha kecil itu tetap pada target pasarnya yang ada di dalam skala usahanya? Pada tulisan ini akan dijelaskan alasan mengapa perkembangan tetap diperlukan, sekaligus bagaimana para pengusaha dapat mengembangkan bisnisnya di tengah persaingan yang ketat.

Mengapa UKM Perlu Dikembangkan?

Dari skala usaha yang pada dasarnya kecil, maka diperlukan perkembangan untuk menjadi lebih besar. Mengapa demikian?

  • Usaha kecil mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak. Usaha kecil menengah yang berkembang akan memberikan dampak positif atas meningkatnya jumlah tenaga kerja, yang akan berpengaruh pula pada penurunan tingkat kemiskinan.
  • Usaha kecil dapat meratakan distribusi pembangunan. UKM yang banyak berlokasi di desa umumnya memakai sumber daya alam lokal. Perkembangan UKM dapat meratakan distribusi pendapatan serta pembangunan yang akan meminimalisir spasial desa dan kota.
  • Pemerataan distribusi pendapatan, sebab UKM yang kompetitif memiliki pola pasar yang hampir sempurna. Ketiadaan monopoli serta mudah dimasuki akan melibatkan tenaga kerja yang banyak, kemudian meningkatkan daya beli oleh karena tingkat pengangguran yang berkurang.

Strategi Pengembangan Usaha Kecil

Usaha kecil dapat berkembang dengan penerapan strategi yang tepat? Simak poin-poin berikut ini!

1. Meninjau Kembali Perkembangan Bisnis

Cara pertama mengembangkan bisnis kecil Anda yaitu dengan meninjau kembali pertumbuhan bisnis yang sudah terjadi. Evaluasi kembali langkah-langkah yang sudah dilaksanakan selama berusaha. Dengan begitu, Anda dapat melihat sekaligus menilai hal-hal yang perlu dikembangkan dan diperbaiki.

2. Menganalisis Kelebihan dan Kelemahan Produk

Barangkali produk atau jasa Anda yang kurang mendapat minat adalah faktor penghambat bisnis yang sulit bertumbuh. Karena itu, langkah berikutnya adalah menganalisis kelebihan dan kelemahan produk atau jasa tersebut; tingkatkan kualitas kelebihan, lalu minimalisir dan hilangkan kelemahan yang ada.

3. Mencari Tahu Kesalahan dalam Usaha

Masalah yang terjadi selama berbisnis merupakan hal lumrah. Namun, bila terus-menerus berlangsung tanpa mencoba menyelesaikannya malah akan mengganggu stabilnya prosedur awal. Inilah alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan, yakni sekaligus menemukan letak masalah dalam usaha.

Untuk mencari tahunya, Anda dapat memulai dari lima komponen utama saat berbisnis, yakni keuangan, operasional, kepemimpinan, pemasaran, serta sumber daya manusia. Perhatikan setiap komponen dan temukan komponen apa yang memberikan pengaruh paling besar.

4. Membuat Solusi Permasalahan

Sesudah masalah ditemukan, maka usaha kecil dapat dikembangkan menjadi lebih besar dengan merancang solusi pemecahan masalah-masalah tersebut. Temukan sumbernya, kemudian langsung ciptakan solusi terhadap masalah yang ada.

Bila Anda merasa kesulitan membuat solusi, tidak salah untuk meminta saran serta masukan dari pihak-pihak lain yang lebih berpengalaman.

5. Menganalisis Kompetitor

Mengetahui kompetitor adalah langkah paling awal dalam mengembangkan usaha kecil. Hal ini bukan tanpa tujuan, melainkan untuk mengetahui kelemahan serta kekuatan dari kompetitor. Di samping itu, Anda dapat memahami mereka lebih dalam untuk kemudian merancang strategi promosi yang bersaing.

6. Memperbaiki Strategi Pemasaran

Tingkat penjualan yang ‘begitu-begitu saja’ adalah masalah berikutnya yang menjadi faktor usaha Anda sulit untuk berkembang. Karena itu, perlu untuk meningkatkan omset agar keuntungan juga meningkat. Salah satu solusinya ialah memperbaiki strategi pemasaran.

Ketahui apakah Anda perlu menukar atau menambahkan saja strategi yang sudah dipakai sebelumnya. Selama me-review, perhatikan pula tren pemasaran belakangan ini, jadikan itu sebagai referensi ketika menyusun strategi yang baru.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing untuk Memasarkan Produk UKM

7. Meriset Target Pasar yang Baru

Penyebab berikutnya adalah target pemasaran yang kurang luas, atau mereka telah mendapatkan produk atau jasa pengganti yang memiliki nilai ‘lebih’ daripada milik Anda. Bila kasusnya seperti ini, riset kembali target pasar yang baru.

Sesudah itu, jangan lupa untuk rebranding sehingga produk tetap relevan terhadap target pasar yang baru.

8. Memperbaharui Iklan serta Kemasan

Berikutnya, faktor pendukung dalam jawaban mengapa usaha kecil perlu dikembangkan adalah pembaharuan dalam iklan serta kemasan. Hal ini perlu untuk menjaga kebutuhan konsumen terhadap usaha Anda serta metode pemasaran yang dijalankan.

Kemasan harus didesain sesuai dengan target pasar. Misalnya, target pasar Anda adalah remaja usia 13-18 tahun, maka desain harus dibentuk dengan style remaja. Strategi ini juga diterapkan saat proses pembuatan iklan.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Box Makanan, Unik, dan Kreatif

9. Melakukan Kerja Sama

Pengembangan usaha berikutnya dapat dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan pemilik usaha lain. Dengan kolaborasi, bisnis Anda dapat berkembang, terlebih jika pihak yang diajak kerja sama sudah lebih banyak mendapat perhatian masyarakat.

Dengan ini, Anda dapat menjadikan strategi pemasaran dan promosi partner usaha Anda. Pada akhirnya, Anda juga berkesempatan untuk meraih pasar bisnis kolaborasi.

Baca Juga: Cara Mudah Bergabung Dengan Komunitas UKM Secara Online

10. Menyiapkan Segala Hal untuk Situasi Tak Terduga

Perubahan yang sangat cepat dalam dunia bisnis menjadikan Anda untuk bersikap waspada terhadap kondisi-kondisi tidak terduga. Pastikan bahwa selalu ada cadangan serta inovasi agar usaha Anda dapat beradaptasi dan tetap relevan terhadap perubahan yang terjadi.

11. Melakukan Eksperimen Produk

Cara terakhir ialah eksperimen terhadap produk-produk baru. Hal ini berguna dalam dunia usaha yang dinamis, di mana produk relevan di masa depan harus selalu tersedia. Proses ini memerlukan trial dan error; eksperimen makin banyak, insight yang diperoleh juga ikut bertambah.

Bagaimana Pelaku UKM Harus Bersikap dalam Menjalankan Strategi?

Strategi yang sudah disusun tidak semata-mata dijalankan begitu saja. Harus ada sikap yang ditanamkan saat menjalankan bisnis sembari perlahan-lahan melaksanakan strategi yang telah disusun.

A. Menanamkan Jiwa Kepemimpinan

Meskipun baru memulai, alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan juga agar karyawan dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Jadi, bila Anda dapat memimpin, maka perkembangan usaha juga dapat terlaksana dengan mulus.

B. Mempelajari Ilmu Manajemen

Strategi berikutnya dalam meningkatkan kapasitas produksi UMKM adalah mendalami pengetahuan tentang manajemen. Hal ini sangat krusial bagi pelaku usaha kecil. Manfaatnya ialah, sumber daya dapat dioptimalkan sehingga risiko kerugian dapat diminimalisir dengan baik.

C. Melakukan Pemasaran dan Branding

Pelaksanaan pemasaran dan branding dengan maksimal menjadi faktor penting dalam perkembangan usaha, baik itu yang berskala besar maupun kecil, seperti Daftar UMKM Sumatera Utara. Karena itu, logo dan nama yang mudah diingat adalah kunci agar usaha Anda cepat dikenal masyarakat luas.

D. Beradaptasi

Pasar luas dan pertumbuhan pesat menimbulkan tantangan yang beragam. Sebagai pengusaha, Anda perlu rutin menemukan peluang serta hambatan yang ada. Dengan adaptasi seperti itu, Anda dapat memutuskan sesuatu dengan cepat di tengah persaingan yang ketat.

E. Menciptakan Inovasi

Inovasi produk dapat mencegah rasa bosan konsumen. Bila variasi produk dalam usaha Anda tidak memiliki perubahan dalam hitungan beberapa waktu, maka ini saatnya untuk mengeluarkan sisi kreativitas Anda. Produk biasa yang dipromosikan dengan cara unik berpotensi bernilai tinggi di pasar.

Meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan adalah hasil akhir dan alasan utama mengapa usaha kecil perlu dikembangkan. Dengan banyaknya pelaku usaha kecil di Indonesia, maka mereka juga perlu memahami strategi berusaha yang tepat agar bisnis tetap berjalan lancar.

Tertarik Untuk Mengembangkan Bisnis?

Apabila Anda mempunyai bisnis di wilayah Sumatra Utara dan berniat untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, Anda dapat bergabung menjadi anggota UKM Sumut. Dapatkan berbagai keuntungan mulai dari memperluas akses pasar, jaringan bisnis, serta dapatkan akses permodalan. Daftar sekarang!