Cara Membuat Iklan Di Facebook

Cara Membuat Iklan Facebook, Cocok untuk Meningkatkan Branding

Bagaimana cara membuat iklan Facebook? Saat ini media sosial bukan hanya untuk menghubungkan satu orang dengan lain. Media sosial sudah mulai banyak digunakan untuk kebutuhan promosi.

Mempromosikan produk atau jasa lewat medsos ternyata mampu memberikan hasil yang baik untuk bisnis Anda. Salah satunya melalui Facebook (FB) yang termasuk salah satu media sosial terbesar saat ini. FB sudah menyediakan fitur bernama Facebook Ads bagi para pengguna yang ingin mempromosikan bisnis atau produk.

Pengertian Iklan Facebook atau Facebook Ads

Iklan Facebook merupakan fitur andalan dari FB. Fitur ini sudah banyak dikenal dan banyak digunakan seperti pelaku usaha, brand, komunitas, dan lain-lain. Adanya fitur ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau jasa melalui Facebook.

Fitur tersebut membuat Anda bisa menjangkau konsumen secara lebih luas. Selain itu, Anda juga akan menemukan Facebook Adverts Manager. Iklan Anda tersebut akan terpasang pada target sesuai dengan kondisi demografinya seperti lokasi, usia, jenis kelamin, pendidikan, minat, dan lain-lain.

Kehadiran Facebook Ads ini tentu sangat bermanfaat. Anda bisa mempromosikan usaha atau produk yang Anda miliki secara lebih mudah. Akan lebih banyak orang yang melihat iklan Anda karena masyarakat tahu pengguna Facebook berasal dari seluruh dunia.

Meskipun begitu, tidak sedikit yang masih bingung cara membuat iklan di FB. Padahal untuk proses pembuatannya cukup mudah. Jadi, artikel ini akan membantu Anda dengan menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk membuat Facebook Ads.

Cara Membuat Iklan Facebook

Langkah-langkah membuat iklan Facebook yaitu:

1. Pergi ke Menu Business Suite

Sebagai langkah awal, yang harus Anda lakukan yaitu pergi menuju menu Business Suite. Ini merupakan tempat di mana Anda dapat mengelola iklan atau ads. Anda dapat mengatur iklannya hingga ke berbagai aplikasi yang terkoneksi ke Facebook misalnya Instagram maupun e-commerce.

2. Masuk ke Facebook Ads Manager

Setelah dari Business Suite, silahkan Anda buka Facebook Ads Manager. Caranya tinggal mengklik Ads, kemudian pilih Ads Manager.

3. Pahami Menu Dashboard Facebook Ads Manager

Ketika Anda berhasil masuk ke Facebook Ads Manager, Anda akan melihat tampilan dashboard. Di sini Anda perlu memahami setiap fungsi menu agar bisa menggunakannya. Pada tampilan tersebut, Anda akan melihat:

  • Ads: iklan yang nantinya dijumpai target audiens.
  • Ad sets: banyaknya iklan yang Anda buat untuk bisa mencapai goal campaign. Isi dari menu tersebut adalah seputar pengaturan promosi iklan, seperti target audiens, jadwal, budget, serta penempatan iklan.
  • Campaign: tujuan yang ingin Anda raih melalui kumpulan Ad sets, salah satunya untuk meningkatkan brand awareness.

4. Cara Membuat Iklan Facebook dengan Memahami Tujuan Campaign

Selain dashboard, Anda juga harus tahu apa itu tujuan campaign. Hal ini karena campaign merupakan fokus dari promosi yang Anda lakukan. Tujuannya yaitu untuk consideration, awareness, sampai conversion.

Pada dashboard, silakan masuk ke “Campaign”, lalu pilih “Create”. Silakan Anda menentukan campaign mana yang ingin Anda jalankan.

A. Awareness (Kesadaran)

  • Brand Awareness (Kesadaran Merek): meningkatkan kesadaran serta rasa familiar dari para target terhadap produk maupun jasa.
  • Reach (Jangkauan): menampilkan ads sebanyak mungkin ke audiens sesuai anggaran yang Anda miliki.

B. Consideration (Pertimbangan)

  • Traffic (Lalu Lintas): mengarahkan target dari Facebook menuju platform lain seperti konten blog, website, apps, dan lain-lain.
  • Engagement (Interaksi): menjangkau target yang berpotensi melakukan interaksi dengan Anda.
  • App Installs (Pemasang Aplikasi): mengajak audiens menginstal aplikasi.
  • Video Views (Penayangan Video): membagikan video bisnis Anda ke audiens.
  • Lead Generation (Pembuatan Prospek): mengumpulkan prospek bisnis, seperti nomor telepon, email, dan lain-lain
  • Messages (Pesan): menjalin hubungan dengan target melalui DM Instagram, Messenger, sampai WhatsApp.

C. Conversion (Konversi)

  • Conversion (Konversi): mendorong audiens agar melakukan tindakan di toko Anda, seperti melakukan pembelian lewat website, menginstal
  • aplikasi, dan lain-lain.
  • Catalogue Sales (Penjualan Katalog Produk): menampilkan katalog seputar produk Anda agar dapat mempercepat transaksi.
  • Store Traffic (Kunjungan Toko): mempromosikan toko fisik Anda ke target sehingga mereka dapat mengunjungi toko Anda secara langsung.

5. Buat Campaign

Cara membuat iklan Facebook berikutnya yaitu mulai membuat campaign. Anda harus mengisi detail campaign yang akan Anda jalankan.

  • Special ad categories: kategori iklan yang sesuai di bidang industri Anda serta negara di mana Anda akan menyebarkan iklan.
  • Campaign details: merupakan detail tambahan seputar kampanye. Ini dapat Anda sesuaikan dengan campaign objective Anda.
  • A/B test: untuk mengetes performa iklan mana yang terbaik. Anda bisa membuat dua iklan yang sama. Audiens yang terbagi dua lalu melihat iklan FB yang berbeda. Dari sini Anda akan tahu mana iklan yang lebih menarik.
  • Campaign budget optimisation: mengelola anggaran secara otomatis. Facebook akan mendistribusikan budget sesuai Ad set yang memiliki peluang paling bagus

6. Buat Ad Sets

Ketika Anda sudah membuat campaign, sekarang atur bagaimana cara kerja dari iklan Anda. Silakan pergi ke Ad Sets – Create. Ketika sudah, pilih “User Existing Campaign”.

Sekarang Anda bisa memilih campaign yang sebelumnya Anda buat. Langkah berikutnya, isikan judul di kolom Ad Set. Lalu klik “Continues”. Sekarang pilih Facebook Page yang akan Anda promosikan.

7. Cara Membuat Iklan Facebook, Buat Ads

Ketika sudah selesai mengatur cara kerja iklan Anda, waktunya membuat Ads. Anda tinggal melengkapi informasi seputar judul, teks promosi, tampilan visual, dan lain-lain. Namun sebelumnya Anda masuk ke menu Ads – Create.

Selanjutnya, silahkan memilih campaign objective maupun klik pada Use Existing Campaign. Ini untuk memilih campaign yang sudah Anda buat. Kemudian Anda harus melengkapi informasi tentang:

  • Ad Name: nama iklan
  • Identity: halaman bisnis maupun akun media sosial yang digunakan untuk memunculkan iklan.
  • Ad Setup: jenis iklan yang akan Anda pilih.
  • Ad Creative: pengaturan tampilan visual iklan Facebook Anda.
  • Languages: terjemahkan iklan secara otomatis.
  • Tracking: mengecek performa iklan.

Keuntungan Menggunakan Iklan Facebook

Kira-kira apa keuntungan dari memasang iklan Facebook?

1. Meningkatkan Branding

Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan yaitu mampu meningkatkan branding. Bisnis, produk, maupun jasa yang Anda tawarkan akan semakin dikenal banyak orang. Ini tidak terbatas hanya di Indonesia melainkan dari berbagai negara di dunia.

Bahkan ketika Anda mampu menerapkan strategi secara tepat, banyak audiens yang akan menjadi pelanggan Anda. Semakin kuat branding, maka brand awareness pun juga semakin besar.

2. Iklan Lebih Tertarget

Iklan yang Anda pasang di Facebook akan lebih sesuai target. Maksudnya, Anda dapat mengatur sendiri siapa konsumen atau audiens yang ingin Anda jangkau berdasarkan demografi. Ketika Anda sudah mengaturnya, maka potensi memperoleh konsumen yang tepat semakin besar.

3. Anda Bisa Mengatur Iklan Facebook Sesuai Budget

Facebook Ads adalah iklan berbayar dan Anda bisa mengatur budget yang Anda miliki. Jangan khawatir karena biaya pemasangan iklan di FB cukup terjangkau. Sementara peluang Anda untuk menjangkau target lebih besar.

Kesimpulan

Sekian pembahasan seputar Facebook Ads. Jadi, menggunakannya untuk kebutuhan promosi mampu memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan penjualan. Sekarang Anda bisa mencoba membuatnya melalui cara yang telah diberikan. Semoga bermanfaat.