Apakah Anda merasa produktivitas kerja karyawan belum maksimal? Hasilnya pekerjaan yang seharusnya bisa selesai dalam waktu yang cepat harus tertunda penyelesaiannya.
Sebagai pemilik bisnis, produktivitas karyawan merupakan hal yang perlu Anda perhatikan. Apa sebenarnya yang dimaksud dari produktivitas karyawan?
Menurut Zistemo.com, produktivitas karyawan adalah metrik yang diukur berdasarkan pada output yang dihasilkan karyawan. Kemudian hasil output tersebut dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan.
Semakin banyak output yang dihasilkan dalam satu waktu tentu akan membuat bisnis semakin untung. Namun, seringkali pemilik bisnis merasa produktivitas kerja karyawan di Perusahaan tidak optimal.
Bagi Anda pemilik bisnis, yuk ketahui bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan agar lebih baik lagi
Daftar isi
1. Menyesuaikan Kemampuan Pekerja Dengan Posisi Kerja
Tentu seseorang akan lebih mudah mengerjakan pekerjaan jika mereka mampu dan tertarik pada bidang tersebut. Sebaliknya, jika seseorang tidak menguasai bidang pekerjaan tentu akan merasa kesulitan.
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas ialah menempatkan kemampuan karyawan pada bidang yang tepat.
Anda juga bisa menyesuaikan karakter karyawan untuk posisi tertentu. Misalkan karyawan yang kreatif dan ceria akan cocok untuk bidang pemasaran. Sementara karyawan yang teliti akan cocok pada bidang keuangan.
Baca juga: Cara Memilih Karyawan yang Tepat Untuk Bisnis UKM
2. Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Baik
Sebagai atasan, Anda juga berpengaruh terhadap produktivitas setiap karyawan. Anda bisa membuat produktivitas meningkat atau menurun.
Untuk meningkatkan produktivitas, Anda harus memberikan lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung pekerjaan.
Buatlah suasana yang bersahabat, interaksi yang baik antar pekerja hingga fasilitas kerja yang mencukupi. Jika Anda sudah menyiapkan semuanya, tentu produktivitas kerja karyawan akan lebih baik lagi.
3. Menjalin Komunikasi Yang Baik Dengan Karyawan
Bagaimana produktivitas kerja karyawan juga dipengaruhi dengan bagaimana komunikasi antara karyawan dan atasan. Jika komunikasi terjalin dengan buruk maka tujuan perusahaan akan sulit untuk terwujud.
Misalkan jika perusahaan memiliki target, maka komunikasikan dengan jelas kepada karyawan selaku pelaksana. Sehingga mereka tau apa saja yang perlu mereka lakukan untuk membantu perusahaan.
Berikan arahan yang jelas dengan bahasa yang mudah karyawan pahami. Hal ini akan membantu karyawan untuk bekerja.
4. Mengadakan Pelatihan
Sudahkah Anda memberikan pelatihan kepada karyawan? Banyak pemilik bisnis yang enggan mengadakan pelatihan karena alasan biaya dan waktu.
Padahal sebenarnya memberikan pelatihan pada karyawan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Anda tidak perlu menyewa pelatih yang mahal dari luar jika memang tidak ada anggaran untuk hal tersebut.
Solusinya ialah Anda bisa meminta karyawan terbaik pada perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada rekan lainnya. Pilihan lainnya ialah dengan mengadakan cross training.
Dalam cara ini para karyawan saling memberikan pelatihan dan informasi dari kemampuan masing masing. Hal ini membuat karyawan memiliki kemampuan yang lebih.
Baca juga: 5 Faktor Penting untuk Meningkatkan Produktivitas Bisnis UKM
5. Mendorong Karyawan Untuk Terus Berinovasi
Salah satu hal yang mampu mendorong produktivitas adalah para karyawan yang terus berinovasi dan memiliki kreativitas. Pendapat karyawan perlu diperhatikan terlebih jika itu mampu meningkatkan produktivitas.
Jangan sampai perusahaan membatasi ruang gerak dan kreativitas para karyawan. Sebaliknya, buatlah para karyawan bisa terus berinovasi dan berpikir secara kreatif.
6. Memberikan Penghargaan dan Motivasi
Terus dorong karyawan untuk dapat bekerja sesuai target dan menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan tepat. Bagaimana caranya? Anda bisa memberikan penghargaan bagi karyawan yang memiliki kinerja terbaik.
Hal ini akan mendorong karyawan lain untuk bertindak serupa dan meningkatkan kualitas kerja mereka.
Motivasi merupakan cara meningkatkan produktivitas kinerja karyawan yang cukup ampuh. Sebagai pemilik, Anda juga harus menetapkan strategi yang tepat dalam menerapkan pemberian penghargaan ini.
7. Melakukan Evaluasi
Setelah melakukan berbagai hal dalam meningkatkan produktivitas para karyawan, maka lakukan evaluasi secara rutin.
Apa fungsi dari evaluasi ini?
Dengan adanya evaluasi, Anda bisa mengetahui apa yang membuat produktivitas karyawan menurun. Kemudian Anda bisa mengidentifikasi hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tersebut.
Dari berbagai langkah yang telah dilakukan, carilah cara yang paling sesuai untuk Anda terapkan pada perusahaan.
Jadi, apakah kini Anda merasa produktivitas karyawan belum maksimal? Segera cari tahu permasalahan dan solusi untuk mengatasinya.
Produktivitas kerja karyawan yang baik akan meningkatkan keuntungan perusahaan dan membuat seluruh karyawan menjadi lebih sejahtera.
Itu dia penjelasan seputar cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada bisnis Anda. Mau tahu lebih lengkap seputar panduan mengelola usaha? Yuk, cari tahu di artikel Produksi UMKM lainnya!