influencer marketing

Tips Membangun Kerjasama dengan Influencer Marketing

Dalam dunia bisnis, menggunakan jasa influencer marketing saat ini sudah menjadi hal yang lumrah, terutama untuk UKM. Selain selebriti, influencer juga sering datang dari blogger, YouTuber, atau publik figur yang memiliki peran penting di bidang tertentu.

Oleh karena itu, tingkatkan penjualan UMKM dengan influencer untuk mendapat beragam manfaat. Namun sebelum itu, Anda perlu mengenal apa itu influencer marketing.

Apa itu Influencer Marketing?

Influencer marketing adalah teknik pemasaran di media sosial. Teknik pemasaran ini melibatkan brand yang bekerja dengan influencer untuk memasarkan atau mengiklankan barang atau jasa secara online. Sedangkan influencer sendiri adalah seseorang yang memiliki pengaruh terhadap orang lain.

Karena kelebihannya bagi bisnis Anda, promosi menggunakan influencer menjadi pilihan strategi pemasaran online yang bisa para pebisnis andalkan.

Teknik ini berada di bawah payung native ads, yaitu bentuk, fungsi, dan kualitas konten berbayar yang setara dengan konten organik yang diproduksi oleh media promosi lainnya.

Baca juga: Manfaat Influencer Marketing untuk Perkembangan UKM

Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis Anda

Berikut ini adalah manfaat teknik pemasaran menggunakan influencer bagi bisnis Anda:

1. Meningkatkan Pangsa Pasar

Pangsa pasar Anda akan tumbuh ketika Anda menggunakan influencer marketing dengan melakukan endorsement. Sebab, mereka memiliki pengikut yang berpartisipasi dalam interaksi dengan cara menyukai dan mengomentari postingan di akun media sosial influencer.

Para pengikut influencer yang bekerja dengan Anda kemudian dapat melihat, membaca, dan memahami informasi apa pun tentang produk Anda sebagai hasil dari interaksi ini. Kemudian, efek selanjutnya adalah lebih banyak orang akan mengetahui perusahaan Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Influencer marketing dapat membantu Anda membangun brand awareness jika produk atau brand Anda masih dalam masa pertumbuhan dan memiliki sedikit pengikut di media sosial.

Contohnya, Anda bekerja sama dengan influencer yang memiliki 160.000 pengikut. Dibandingkan dengan akun media sosial perusahaan Anda, jumlah ini jauh lebih tinggi.

Bagaimanapun juga, orang dapat mengetahui tentang brand atau produk Anda melalui konten yang influencer hasilkan. Oleh karena itu, influencer marketing dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

3. Meningkatkan Kepercayaan Produk

Salah satu strategi yang digunakan oleh brand untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap barangnya adalah dengan influencer marketing.

Influencer dapat menulis ulasan tentang barang atau layanan bisnis Anda. Sehingga, memungkinkan calon pelanggan untuk menentukan sendiri seberapa bagusnya produk yang Anda tawarkan.

Audiens atau pengikut influencer lebih cenderung menggunakan produk atau layanan Anda. Sebab, mereka memiliki kecenderungan untuk meniru dan ingin memiliki barang yang digunakan oleh panutan mereka, dalam hal ini adalah influencer.

4. Meningkatkan Koneksi Pelanggan

Anda tentu harus dekat dengan pelanggan yang menjadi target audiens Anda. Oleh karena itu, rahasianya adalah berkolaborasi dengan influencer yang benar-benar menikmati produk Anda. Biasanya, mikro-influencer akan menggunakan produk yang mereka minati sebelum memberikan pendapat mereka dengan pengikut mereka.

Ini tentu lebih menarik bagi pengikut karena memberikan kesan yang lebih realistis dan memberikan bukti nyata. Jadi, influencer marketing memungkinkan Anda untuk dapat memperkuat keterikatan konsumen pada produk Anda.

5. Meningkatkan Followers

Anda juga tentu akan mendapatkan lebih banyak followers ketika Anda melakukan endorsement kepada influencer. Memiliki banyak follower di akun media sosial perusahaan Anda juga menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kepercayaan di mata calon pelanggan terhadap akun bisnis Anda.

Tips Bekerja Sama dengan Influencer Marketing

Adapun kiat-kiat bekerja sama dengan influencer untuk pemasaran produk Anda adalah sebagai berikut:

1. Jangan Menelepon Secara Tiba-Tiba

Jangan langsung menghubungi influencer meski sudah mengetahui influencer mana yang ingin Anda ajak berkolaborasi. Tentu saja, Anda harus terlebih dahulu mengikuti semua akun media sosial influencer tersebut.

Influencer marketing berusaha keras untuk membuat konten yang menarik, jadi setidaknya tunjukkan minat pada apa yang mereka lakukan. Pergi ke acara yang mereka hadiri jika perlu untuk lebih mengenal satu sama lain.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan media yang sesuai jika Anda ingin berhubungan dengan mereka. Sebab, influencer memiliki preferensi sendiri untuk komunikasi bisnis. Jadi konfirmasikan sekali lagi apakah mereka lebih suka dihubungi melalui telepon, email, atau bentuk media lainnya.

2. Perkuat Pesan dari Influencer Marketing

Ketika seorang influencer memposting konten tentang produk suatu brand, sering terjadi bahwa ini dianggap sebagai tanggung jawab influencer tanpa merek mengambil tindakan apa pun.

Namun, seharusnya ada tindakan langsung yang perlu Anda lakukan untuk memperkuat pesan yang influencer sampaikan dalam konten mereka.

Anda dapat membagikannya di Instagram, Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Tetapi, pastikan untuk menandai atau menyebutkan influencer bersangkutan sehingga mereka mengetahui tindakan Anda sebagai tanda terima kasih dan dukungan.

Akibatnya, reputasi brand Anda sebagai brand yang ramah pelanggan akan tumbuh karena pengikut influencer semakin terbujuk oleh produk yang mereka promosikan.

3. Pahami Influencer Secara Personal

Untuk memilih produk atau kombinasi produk yang ideal untuk dipromosikan oleh influencer, pastikan untuk meluangkan waktu untuk memahami gaya pribadi mereka. Lebih baik biarkan mereka memilih item dari pilihan Anda yang mereka sukai.

Kemudian, pastikan produk terkemas dengan indah ketika akan Anda berikan kepada influencer. Pikirkan tentang mengemasnya untuk membuat reviewnya lebih menarik. Selain itu, catatan tulisan tangan dari Anda dengan pesan relevan akan meyakinkan mereka bahwa keinginan Anda untuk berkolaborasi dengan influencer adalah tulus.

Brand Anda akan mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan influencer jika Anda memberikan kepedulian dan perhatian yang lebih kepada setiap kolaborasi influencer marketing. Hal Ini juga mengharuskan influencer untuk lebih berusaha saat memproduksi konten untuk brand dan menulis ulasan produk Anda.

Hasilnya, ada interaksi yang lebih bermakna di media sosial dan konversi penjualan di masa mendatang jadi lebih baik.

4. Berikan Influencer Hadiah yang Istimewa

Terkadang mengembangkan hubungan yang kuat saja tidak cukup. Banyak influencer membutuhkan sesuatu yang lebih konkret dan ekstensif dari sekadar menghasilkan konten yang menarik. Ada juga banyak influencer yang hanya memproduksi konten, mengunggahnya, dan berusaha mencapai jangkauan dan keterlibatan yang diinginkan.

Padahal ada cara yang lebih efektif untuk memastikan kampanye digital yang Anda jalankan dengan influencer marketing memberikan hasil terbaik. Seperti memberikan reward atau pengakuan ekstra jika melampaui target yang telah ditentukan.

Anda juga dapat menjamin mereka akan mewakili brand Anda atau menjadi brand ambassador jika memenuhi persyaratan yang Anda tetapkan.

Sudah pasti dengan melakukan cara ini akan membuat influencer semakin bersemangat untuk melakukan segala daya untuk mempromosikan perusahaan Anda dan barang-barangnya.

Sudah Siap Kerja Sama dengan Influencer Marketing?

Itulah tips bekerja sama dengan influencer marketing untuk kepentingan usaha Anda. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan influencer marketing, Anda bisa ikuti tips di atas.

Jika Anda adalah UKM yang berada di Sumatera Utara dan ingin berkembang, daftar UKM Sumut untuk mendapatkan keuntungannya. Anda juga dapat menemukan informasi dan rekan bisnis untuk memperluas jaringan Anda di UKM Sumut.