Apakah Anda tahu solusi supaya tetap berhasil di tengah persaingan bisnis yang ketat? Dalam menjalankan bisnis, Anda bisa menerapkan berbagai strategi pemasaran termasuk strategi penentuan niche market.
Penasaran apa itu niche market? Yuk, simak artikel ini sampai akhir agar paham pengertian, manfaat, serta cara menerapkannya pada bisnis Anda.
Daftar isi
Apa itu Niche Market?
Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya Anda memahami pengertian dari strategi ini terlebih dahulu. Niche market sendiri bisa dideskripsikan sebagai sebuah bagian dari industri tertentu yang memiliki konsumen dan target pasar yang lebih spesifik. Dalam menjalankan bisnis, Anda bisa menghadapi berbagai macam kendala.
Di antara kendala-kendala yang ada, kompetisi pasar merupakan salah satunya di mana Anda harus bersaing dengan pebisnis lain yang menjual produk atau layanan yang serupa dengan Anda. Nah, menentukan target kemana dan kepada siapa Anda akan menjual bisa membantumu mencapai keuntungan yang lebih besar.
Sedangkan, Anda perlu berusaha keras dengan kemungkinan keuntungan sedikit bila menargetkan pasar yang terlalu luas. Sebab, penjualan Anda sulit meningkat bila menjual produk dan layanan Anda ke semua orang dari berbagai latar belakang, usia, serta minat.
Sebagai contoh, bisnis Anda bergerak di industri pakaian anak-anak dan remaja. Tentu target konsumen anak-anak dan remaja mempunyai spesifikasi yang berbeda satu dengan yang lain seperti harga, usia, gender, dan sebagainya.
Daripada Anda sibuk mengejar target terlalu luas, Anda bisa mengerucutkan konsumen anak-anak seperti baju anak perempuan dengan rentang usia 5 sampai 12 tahun di lokasi Jakarta Barat.
Niche market yang spesifik ini tentu membuat bisnis Anda jadi lebih terlihat atau eksis daripada bisnis kompetitor. Selain itu, strategi penentuan ini bisa membantu Anda supaya mempunyai keunikan di mata konsumen sehingga Anda bisa meningkatkan peluang penjualan lebih tinggi lagi.
Manfaat-Manfaat dari Niche Market
Menentukan target konsumen dan pasar lebih spesifik ternyata memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat langsung yang Anda dapatkan dari penerapan strategi ini.
1. Berkurangnya Kompetisi Pasar
Persaingan pasar semakin sulit seiring dengan perkembangan zaman. Banyak pebisnis yang menerapkan berbagai strategi pemasaran yang unik demi menjangkau calon konsumen yang lebih luas.
Akan tetapi, pasar yang luas mengartikan ketatnya kompetisi dimana semua berlomba-lomba memasarkan produk atau layanan perusahaan.
Ada kemungkinan bisnis Anda bisa kalah saing, sehingga produk atau layanan yang Anda tawarkan pun bisa tertutup dengan perusahaan yang lebih punya nama atau strategi pemasaran yang lebih baik. Oleh sebab itu, niche market bisa membantu Anda mengurangi kompetisi.
Sebab, bisnis-bisnis sering berusaha menjangkau pasar yang lebih luas sehingga lupa kalau target konsumen dan pasar yang lebih kecil bisa lebih melancarkan bisnis dan kesempatan. Namun, peluang ini bisa disadari oleh pebisnis lain karena pengetahuan pemasaran semakin dikenal secara umum.
Bila ini terjadi, Anda harus pintar-pintar dalam menganalisa keadaan pasar dan kompetitor sehingga konsumen tetap tertuju pada bisnis Anda.
2. Fokus Bisnis Tidak Ruwet
Menjalani bisnis tidaklah mudah. Banyak aspek yang Anda harus perhatikan supaya bisnis selalu lancar termasuk penjualannya. Akan tetapi, waktu Anda pasti habis untuk mencari target pasar dan konsumen jika tidak ada penentuan di awal. Akibatnya, penjualan Anda bisa menjadi kurang terarah.
Nah, menentukan niche market mampu menghemat waktu Anda dan membantu fokus Anda kepada bisnis. Sebab, target konsumen dan pasar sudah jelas sehingga Anda hanya perlu berusaha mengembangkan produk atau layanan Anda supaya maksimal sesuai dengan kebutuhan konsumen.
3. Berpotensi Brand Lebih Dikenal
Menciptakan brand awareness di pasar dengan persaingan ketat sangatlah sulit. Pasalnya, bisnis Anda pasti menghadapi jumlah kompetitor yang lebih banyak.
Bahkan, pasti ada kompetitor Anda yang lebih mendapatkan perhatian daripada milik Anda karena mereka sudah bergerak lebih lama dalam bisnis atau telah menerapkan strategi lebih maksimal.
Sedangkan, bisnis dengan target konsumen dan pasar lebih spesifik bisa lebih mudah dikenal banyak pihak karena jumlah kompetitor yang cenderung lebih sedikit.
Sebagai contoh, target pasar untuk bisnis baju Anda adalah kalangan remaja di rentang usia baru lulus sekolah menengah pertama. Anda pun telah menetapkan akan menjual di satu daerah di satu area di Bandung kota.
Kalau kualitas baju Anda disukai oleh target konsumen ini, semua orang di daerah tersebut akan lebih cepat mengetahui bahwa keunikan brand Anda adalah pakaian remaja.
Secara tidak langsung, brand Anda bisa muncul dalam rekomendasi pasar kecil ini jika ada yang mencari pakaian remaja.
Cara Menentukan Niche Market untuk Bisnis
Setelah paham pengertian dan manfaat niche market, langkah selanjutnya adalah menentukannya untuk bisnis Anda. Nah, bagaimanakah caranya? Berikut adalah penjelasannya secara bertahap.
A. Tentukan Minat
Menjalankan bisnis tanpa minat bisa mematahkan semangat Anda secara perlahan. Jadi, alangkah baiknya Anda memilih terjun ke dalam dunia bisnis di bidang yang Anda ingin eksplor lebih dalam.
Sebagai contoh, Anda sangat menyukai bidang fashion. Minat Anda ini bisa dimanfaatkan sebagai pendorong Anda dalam mempelajari bidang ini seperti
trend baju di kalangan tertentu, waktu yang tepat untuk mengeluarkan produk baru, serta pengembangan produk itu sendiri.
B. Tahu Kebutuhan Konsumen Anda
Mengetahui minat Anda pun bisa membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan permasalahan yang sedang dialami. Sebagai contoh, minat Anda adalah segala sesuatu tentang kopi. Nah, minat Anda ini bisa mendorong Anda dalam menganalisa pasar untuk kopi.
Di dalam tahap analisis ini, Anda bisa melihat kalangan apa yang sangat membutuhkan kopi. Kemudian, cita rasa kopi apa yang paling disukai oleh kalangan tersebut. Lalu, minuman kopi apa yang sedang populer atau yang akan menjadi populer. Segala aspek ini bisa membantu Anda menentukan niche pasar yang tepat.
C. Periksa Kompetitor yang Ada
Meskipun persaingan tidak ketat, niche market tetap membutuhkan analisa kompetisi. Hasil analisa dapat memberitahu Anda tentang fitur-fitur yang belum dimiliki kompetitor. Selain itu, Anda juga bisa menemukan keunikan Anda sendiri dan wawasan agar tidak mengulang kembali kesalahan yang kompetitor sudah lakukan.
Analisa lainnya pun bisa membantu Anda dalam mengembangkan produk serta topik yang sedang populer. Anda bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia online seperti Google Keyword Planner dan Google Trends.
D. Lakukan Tes Pasar Dulu
Setelah menganalisa, Anda perlu mencoba jika hasil analisa Anda bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan. Anda bisa melihat dari tes tersebut apakah niche mengalami perkembangan, atau justru kemunduran. Jika hasilnya meragukan, Anda tidak perlu bersedih. Teruslah berusaha hingga menemukan yang terbaik.
Jadi, Apa Niche Market Anda?
Menentukan niche market bukanlah hal yang mudah. Anda perlu menganalisa pasar terlebih dahulu dan melakukan beberapa kali tes. Akan tetapi, penjualan Anda pasti akan meningkat jika Anda tidak menyerah dan paham dengan kebutuhan target pasar bisnis Anda.