Salah satu tujuan dari setiap pelaku bisnis yaitu mampu mewujudkan penjualan tertinggi ke berbagai wilayah, baik nasional maupun internasional.
Merambah pasar internasional bukanlah hal yang mudah, terutama bagi pelaku UKM. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan cara mengembangkan UKM Agar go internasional.
Daftar isi
1. Pastikan Produk Layak Jual
Meskipun hanya berupa Usaha Kecil Menengah, Anda tetap bisa merambah dunia internasional dalam memperdagangkan produk. Salah satu caranya yaitu dengan memastikan produk Anda layak jual.
Pastikan produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh semua konsumen, tidak hanya sebagian kalangan saja. Hal itu membuat permintaan akan produk semakin meningkat.
Langkah yang diperlukan adalah melakukan riset untuk mengetahui selera pasar, tren yang sedang berkembang dan peluangnya. Anda tentu harus memastikan ketiga aspek tersebut untuk melangkah lebih jauh.
Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas produk yang akan dijual. Kualitas akan memperketat persaingan antar kompetitor sehingga Anda benar-benar harus bekerja keras untuk mendongkrak mutu produk. Akan lebih baik lagi jika kualitasnya langsung disetarakan dengan produk yang sudah lebih dulu go internasional, bahkan harus lebih baik.
2. Tentukan Harga Jual Produk
Jika Anda ingin produk layak jual ke pasar internasional, tentukan harga jual produk sewajar mungkin. Hitunglah semua total biaya yang dikeluarkan selama produksi. Berikut ada beberapa cara menentukan harga produk agar terhindar dari kerugian ketika pemberian harga.
A. Harga Produk Berdasarkan Biaya Produksi
Cara menentukan harga yang satu ini yakni dengan menghitung biaya produksi ditambah dengan keuntungan. Biasanya ada sekitar 30% keuntungan yang diambil dari keseluruhan biaya produksi. Jadi, Anda tidak akan mengalami kerugian dengan penetapan harga dengan cara yang satu ini.
B. Harga Produk Berdasarkan Kompetitor
Anda juga dapat menentukan harga berdasarkan kompetitor dengan melakukan riset harga terlebih dahulu. Harga yang di bawah kompetitor sangat menarik bagi konsumen, apalagi kualitas produknya tidak berkurang atau sama dengan kompetitor.
Penentuan harga dengan cara ini dapat menjadi strategi guna menarik konsumen dari pihak kompetitor. Pada dasarnya konsumen lebih memilih harga murah dengan kualitas yang tinggi dibandingkan harga tinggi dengan kualitas tinggi.
C. Harga Produk Berdasarkan Permintaan
Penentuan harga berdasarkan permintaan juga bisa dilakukan. Pihak konsumen yang berperan menentukan harga sesuai dengan kualitas produk.
Namun apabila harga yang diberikan di bawah harga produksi maka Anda masih bisa menaikkan harga jualnya guna mendapatkan keuntungan.
3. Gunakan Teknik Promosi yang Tepat
Ada banyak teknik promosi yang tersedia guna menarik perhatian konsumen dimanapun mereka berada. Apalagi saat ini teknologi sudah canggih sehingga segala aktivitas dapat dilakukan secara online. Kegiatan promosi sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen, terlebih produk yang baru.
Sebaiknya lakukan promosi yang tepat sasaran dengan riset terlebih dahulu terhadap produk yang akan dijual. Pastikan juga siapa saja calon konsumen yang berpotensi membeli produk tersebut. Lalu pilihlah berbagai media yang tersedia untuk melakukan promosi. Anda bisa memilih media online maupun media offline.
Baca juga: Tips Memilih Media Sosial yang Tepat Untuk UKM Kamu
4. Pilih Lokasi Strategis
Pemilihan lokasi yang tepat juga dapat membawa bisnis UKM Anda go international. Jika Anda ingin penjualan maksimal, maka pastikan produk mudah didapat oleh konsumen dengan menentukan lokasi yang tepat. Oleh karena itu pastikan beberapa hal berikut dalam menentukan lokasi strategis untuk bisnis Anda sebagai cara mengembangkan UKM.
- Pastikan lokasi yang Anda pilih mudah diakses oleh calon konsumen seperti daerah dekat keramaian.
- Pastikan lokasi yang Anda pilih juga dekat dengan target bidikan. Jika target merupakan kalangan mahasiswa, maka pastikan lokasi usaha dekat dengan kampus.
- Pastikan lokasi yang Anda pilih juga mudah dijangkau setiap konsumen terutama dilihat dari segi transportasi.
- Pastikan pula produk yang dijual menarik perhatian calon konsumen.
5. Pilih Sumber Daya Manusia yang Ahli di Bidangnya
Anda juga membutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya agar mampu melakukan semua dengan baik. Mereka harus dari kalangan profesional yang dapat menghasilkan produk dan layanan terbaik.
Lakukan beberapa seleksi dalam memilih karyawan untuk bisnis UKM Anda. Hindari memilih karyawan berdasarkan referensi rekan kerja karena belum tentu sesuai dengan keinginan Anda.
Strategi di atas dapat dilakukan untuk membuat produk go international. Ada beberapa produk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang telah berhasil menembus pasar internasional. Anda dapat menjadikan mereka sebagai motivasi dalam merintis usaha agar Go Internasional, diantaranya:
A. Usaha Dagang Bandar Mina
UKM yang berasal di Bali Utara ini bergerak di bidang eksportir ikan kerapu bebek dan kerapu macan. Produk tersebut dikemas dengan rapi dalam kondisi kering atau beku. Konsumen juga bisa memesan ikan yang masih segar. Nantinya pihak pengelola akan mengemas dengan baik seluruh pesanan konsumen sehingga produk tiba dalam kondisi baik.
Negara yang menjadi tujuan ekspor dari bisnis ini antara lain Hong Kong, Cina, Thailand, Jepang, Singapura, Korea Selatan dan Amerika Serikat. UKM yang melibatkan banyak nelayan dan penduduk lokal ini saling bekerjasama guna memperoleh bibit unggul ikan kerapu agar kualitas produk mereka senantiasa diminati konsumen.
B. PT Ika Indo Industri Karbonik
UKM yang berlokasi di Medan ini bergerak di bidang ekspor karbon aktif. Karbon aktif tersebut berasal dari batok kelapa yang bisa menjadi alat penyaringan air minum. Produk tersebut bersifat ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah batok kelapa.
Negara yang menjadi ekspor bisnis tersebut antara lain Eropa, Amerika Serikat dan Cina. Nilai ekspor yang diperoleh cukup besar pada tahun 2011 yakni sekitar 70 miliar rupiah.
C. PT Bamboo Media Cipta Persada
Salah satu UKM yang bergerak di bidang pendidikan ini berhasil mengembangkan konten edukatif menggunakan teknologi. Produk yang ditawarkan adalah program dan modul yang edukatif. Mereka meng-ekspor produk tersebut ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan Korea Selatan.
D. Schmiley Mo
Produk yang dihasilkan oleh UKM ini bergerak di bidang fashion. Strategi marketing yang dilakukan berhasil membawa nama produk mereka ke manca negara sehingga berhasil ikut serta dalam beberapa fashion event. Schmiley Mo berhasil ikut serta dalam Kuala Lumpur Fashion Week tahun 2016, lalu London Fashion week tahun 2017. Kini produk mereka telah diekspor ke berbagai negara seperti Uni Emirat Arab dan Dubai.
E. Gendhis Bag
UKM ini bergerak di bidang produksi tas wanita, dan salah satu hal unik dari ukm ini terletak pada material pembuat tas yang terdiri dari agel, rumput laut, rotan, mending hingga bambu.
Proses produksinya melibatkan para ibu PKK dan para ibu di lembaga pemasyarakatan. Produk mereka telah berhasil diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Venezuela, Jepang, Malaysia dan Spanyol.
Itulah beberapa uraian singkat mengenai cara mengembangkan UKM sehingga dapat merambah pasar internasional. Semoga dapat menginspirasi Anda sebagai pelaku UKM yang baru sehingga tidak putus asa dalam meraih kesuksesan.