ide jualan makanan di sekolah

10+ Ide Jualan Makanan Di Sekolah Pasti Rame

Saat ini bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang banyak digandrungi oleh para pelaku bisnis. Makanan dianggap menjadi salah satu hal yang tentunya banyak disukai oleh masyarakat. Usaha jajanan atau makanan ringan pun yang paling banyak menarik perhatian pelanggan dikarenakan harganya yang terjangkau dan tidak bersifat terlalu mengenyangkan. Selain banyak diminati, berjualan makanan ringan juga dapat memberikan keuntungan yang banyak dan cepat bagi para pelaku bisnis. Inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis makanan ringan pun banyak dipilih oleh para pelaku bisnis.

Walaupun begitu, keuntungan pada bisnis makanan ringan ini tidak semata-mata akan selalu menguntungkan atau untung banyak, jika Anda tidak menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Tentunya untuk menghasilkan bisnis kuliner yang baik, para pelaku bisnis harus memperhatikan berbagai aspek strategi pemasaran agar jualannya selalu laku dan permintaannya pun semakin meningkat. Salah satu aspek dari strategi pemasaran makanan yang penting untuk diperhatikan adalah memilih lokasi untuk berjualan. Lokasi berjualan ini menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi tingkat pembelian suatu bisnis makanan loh!

Bukan tanpa alasan, dikarenakan jika berjualan makanan di tempat yang sepi, tentunya bisnis makanan tersebut akan kurang berkembang. Selain itu, lokasi berjualan yang tidak strategis juga seringkali menyebabkan pengunjung enggan untuk menyambangi tempat berjualan tersebut secara berkala. Kira-kira jika ingin berjualan makanan ringan, lokasi yang bagaimana yang sangat strategis dan tepat untuk dipilih agar selalu ramai didatangi oleh para pembeli? Salah satu lokasinya adalah sekolah. Tetapi, mengapa disarankan untuk memilih bisnis makanan di sekolah? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Kenapa Memilih Bisnis Makanan Di Sekolah?

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa disarankan untuk memilih lokasi bisnis makanan di sekolah. Hal ini dikarenakan anak sekolahan sangat identik dengan kegemarannya akan jajan. Terlebih jika suatu makanan tersebut memiliki bentuk yang unik dan rasanya yang enak, maka anak sekolahan tidak akan bosan untuk menjalani makanan tersebut secara terus-menerus. Selain tingginya konsumen berupa anak sekolahan, alasan selanjutnya untuk memilih sekolah sebagai tempat bisnis makanan ringan dikarenakan lingkungan sekolah telah dikenal oleh masyarakat luas sebagai lokasi yang banyak dijajaki oleh para pedagang makanan yang nikmat. Bahkan bukan hanya anak sekolahan saja yang sering menjadi konsumen jajanan di sekolah, tetapi juga masyarakat lainnya yang sudah dewasa juga mencari jajanan di lingkungan sekolah. Tak heran jika sekolah menjadi salah satu lokasi yang terbaik untuk membuka usaha makanan.

Beberapa Rekomendasi Ide Jualan Makanan Di Sekolah

Banyaknya para pelaku bisnis makanan yang berjualan berbagai makanan di sekolah ini pun menyebabkan munculnya istilah jajanan sekolah bagi berbagai jenis makanan yang identik dijual di lingkungan sekolah tersebut. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis jajanan sekolah yang identik ditemukan di lingkungan sekolah. Hal ini pun dapat dijadikan sebagai ide jualan makanan di sekolah bagi Anda yang ingin memulai usaha di lingkungan sekolah, tetapi masih bingung dengan jenis makanan apa yang harus dijual. Agar tidak bingung, kami telah merangkum beberapa rekomendasi ide jualan makanan di sekolah yang pastinya banyak diminati tidak hanya bagi anak sekolahan tetapi juga orang dewasa lainnya, berikut daftarnya, antara lain:

  • Es Mambo

Hayo siapa yang tidak tahu dengan jajanan sekolah berupa es warna-warni yang harganya murah meriah ini? Jajanan yang dimaksud adalah es mambo. Es mambo merupakan jajanan beku yang dikemas dalam plastik yang berukuran kecil dan biasanya terdiri dari warna yang bermacam-macam mulai dari merah muda hingga oranye. Perlu diketahui bahwa es mambo ini sebenarnya telah dikenal sebagai jajanan anak-anak pada generasi 80-an dan 90-an loh! Karena bentuknya yang unik, rasanya yang segar, dan harganya yang murah pun membuat es mambo pun kembali terkenal di tahun 2000-an ini. Es mambo dapat menjadi ide jualan makanan di sekolah yang murah meriah dengan harga jual hanya Rp 1000, tetapi tetap menguntungkan. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat dari es mambo ini dan hanya membutuhkan modal yang sedikit untuk menjual jajanan ini. Proses pembuatan dari es mambo ini pun tergolong sangat sederhana sehingga Anda tidak perlu merasa ribet dalam mengolah jajanan ini.

  • Mie Lidi

Siapa sih yang tidak tahu dengan jajanan sekolah yang satu ini? Mie lidi merupakan jajanan yang terbuat dari tepung terigu yang diolah sedemikian rupa sehingga dapat berbentuk seperti lidi-lidi yang lurus dan panjang. Jika menyebut kata mie lidi rasanya sebagian besar orang pasti mengenalnya sebagai jajanan sekolah yang sangat nikmat untuk dikonsumsi dengan harganya yang sangat terjangkau. Tak heran jika mie lidi disebut sebagai jajanan sekolah yang banyak diminati dan dicari oleh masyarakat lainnya. Cara pengolahan dari mie lidi ini pun tergolong cukup sederhana, dimana mie lidi ini cukup melalui proses penggorengan saja sehingga tekstur yang dihasilkan nantinya akan terasa renyah. Untuk menambah cita rasa dari mie lidi ini, biasanya akan ditambahkan bumbu tabur asin hingga pedas. Inilah yang menjadi alasan lainnya mengapa mie lidi menjadi jajanan favorit di kalangan anak sekolah hingga masyarakat luas. Bumbu mie lidi ini pun yang dapat menghasilkan rasa ketagihan bagi para penikmatnya.

  • Telur Gulung

Jajanan sekolah yang satu ini tentunya tak kalah booming dengan mie lidi loh! Jajanan yang hanya terbuat dari telur yang digulung-gulung ini menjadi salah satu jajanan terlaris di sekolahan yang juga tetap eksis hingga saat ini. Jajanan yang dimaksud tak lain dan tak bukan adalah telur gulung. Walaupun hanya terbuat dari telur, tetapi rasa jajanan ini tetaplah enak dan bikin ketagihan para pembelinya. Jajanan ini juga menjadi yang terlaris dikarenakan harga jualnya per tusuk yang sangat terjangkau bagi para anak sekolahan, yaitu mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per tusuknya. Bahan dasarnya yang sangat sederhana dan mudah dicari membuat ide jualan telur gulung ini hanya membutuhkan modal sedikit, yaitu sekitar Rp 209.000. Menurut situs BisnisUKM, total keuntungan yang dapat Anda terima dari menjual telur gulung ini, yaitu Rp 91.000 per harinya atau selama sebulan Anda dapat untung hingga Rp 2 jutaan loh! Maka dari itu, telur gulung pun dapat menjadi ide jualan makanan di sekolah lainnya yang menguntungkan yang dapat dipilih untuk membuka usaha bisnis makanan Anda nantinya.

  • Martabak Mini

Jika berbicara mengenai jajanan sekolah, maka makanan yang satu ini pasti tidak boleh ketinggalan, yaitu martabak mini. Dari namanya saja Anda sudah dapat mengetahui bahwa martabak ini pastinya berukuran lebih kecil dari martabak pada umumnya. Sama halnya dengan martabak biasa, martabak mini ini juga berbentuk lingkaran, berbahan dasar dari tepung terigu, bertekstur lembut dan empuk. Jika pada umumnya, martabak yang berukuran besar memiliki pilihan rasa asin dan manis, untuk martabak mini seringkali dijual dengan rasa manis. Topping yang digunakan untuk membuat martabak mini dengan rasa yang manis ini pun cukup bervariasi mulai dari meses, keju, dan berbagai selai lainnya. Martabak mini ini dapat menjadi jajanan sekolah yang lebih ekonomis dibandingkan martabak yang berukuran besar dikarenakan harga jual nya yang mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Harga martabak mini ini pun tentunya bergantung kepada topping yang nantinya akan dipilih oleh konsumen. Dikarenakan harganya yang murah dan rasanya yang enak, maka martabak mini dapat menjadi pilihan ide jualan makanan di sekolah yang menguntungkan bagi bisnis Anda.

  • Kue Cubit

Jajanan sekolah lainnya yang cukup legendaris hingga saat ini yang bahan dasarnya terbuat dari adonan tepung terigu adalah kue cubit. Kue cubit merupakan jajanan manis yang biasanya dibuat dalam sebuah cetakan dengan bentuk yang beragam, seperti bulat, lonjong, dan sebagainya. Dahulu kue cubit ini dibuat hanya dari adonan tepung terigu yang plain dan ditambahkan topping berupa butiran meses di atasnya. Namun, saat ini telah banyak pelaku bisnis yang mengkreasikan kue cubit menjadi berbagai rasa yang kekinian, seperti red velvet, matcha, dan taro. Topping yang ditambahkan di atas kue ini pun sudah bervariasi, seperti choco chips dan lain-lain. Harga jualnya yang ekonomis dan rasanya yang lembut, serta enak menjadikan kue cubit menjadi salah satu jajanan sekolah yang banyak diminati anak sekolahan hingga masyarakat lainnya. Tentunya kue cubit menjadi salah satu ide jualan makanan di sekolah yang terbaik yang dapat Anda pilih. Untuk meningkatkan penjualan, Anda juga dapat menciptakan inovasi baru dari kue cubit dengan menghadirkan rasa-rasa dan topping yang kekinian.

  • Sosis Mie

Sosis dan mie menjadi jenis makanan yang paling banyak disukai oleh anak sekolahan dan sebagian besar masyarakat lainnya. Dikarenakan kecintaan anak sekolahan terhadap sosis dan mi ini, maka Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha makanan sosis mie. Proses pembuatan sosis mi ini pun tergolong cukup mudah, dimana Anda dapat menggulung sosis dengan menggunakan mi yang kemudian ditusukkan dengan tusuk sate lalu digoreng. Ide jualan makanan ini pun dapat menjadi ide jualan yang murah meriah karena tidak membutuhkan modal yang besar.

  • Makaroni Telur

Jajanan sekolah yang satu ini mungkin lebih dikenal dengan sebutan maklor. Makaroni atau makaroni telur ini menjadi salah satu jajanan sekolah yang banyak difavoritkan oleh masyarakat karena rasanya yang enak, harganya yang murah dan cukup mengenyangkan untuk dikonsumsi. Agar rasa makaroni telur semakin lezat, Anda dapat menambahkan bumbu tabur saat memasak makaroni telur ini. Anda dapat menciptakan kreasi makaroni dengan bumbu yang tidak pedas hingga sangat pedas. Proses pembuatan maklor ini juga tergolong simpel dan bahan yang dibutuhkannya pun tidak banyak.

  • Pizza Mini

Sama halnya dengan martabak mini, pizza mini juga merupakan jajanan sekolah yang berukuran kecil. Pizza mini ini merupakan versi kecil dari pizza pada umumnya. Jualan makanan berupa pizza mini ini dapat menjadi ide jualan yang murah meriah karena harga jualnya yang cukup ekonomis tapi dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi.

  • Jamur Crispy

Jamur crispy merupakan jajanan sekolah kekinian yang dapat menjadi ide jualan makanan berikutnya. Jamur crispy ini biasanya diolah dengan membalut jamur merang, tiram, atau enoki dengan tepung crispy yang kemudian digoreng. Tekstur crispy dari jamur ini pun didapatkan dari adonan tepung crispy yang telah dibalut pada jamur tersebut. Maka dari itu, jamur ini akan terasa kenyal, lembut, dan bercrispy secara bersamaan. Hal inilah yang menjadikan jajanan ini cukup populer di tengah masyarakat.

  • Cireng

Siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan yang juga berasal dari Sunda ini? Jajanan yang dimaksud adalah cireng. Cireng merupakan salah satu jajanan yang sangat populer di tengah masyarakat yang juga terbuat dari tepung aci atau tapioka. Cireng ini pun dapat terbagi menjadi dua macam, yaitu cireng bumbu rujak dan cireng isi. Namun, biasanya cireng yang banyak dijual di lingkungan sekolah adalah cireng isi. Isian dari cireng ini pun dapat bervariasi mulai dari ayam pedas, bakso pedas, keju, dan sebagainya. Rasanya yang bervariasi, lezat, dan harganya yang tergolong masih murah pun menjadi alasan mengapa cireng ini sangat disukai oleh banyak masyarakat.

  • Rambut Nenek

Jajanan sekolah yang satu ini bukan beneran terbuat dari rambut nenek loh ya! Rambut nenek ini merupakan jajanan sekolah yang sering dikenal juga dengan sebutan arum manis yang terdiri dari keripik berwarna merah muda dan gulali yang berwarna putih ataupun merah muda. Bentuk gulalinya yang panjang-panjang dan berantakan inilah yang membuat jajanan sekolah ini dikenal dengan nama rambut nenek. Sebenarnya rambut nenek ini termasuk jajanan jadul yang masih eksis saat ini karena rasa gulalinya yang manis dengan keripiknya yang memiliki rasa plain sehingga dapat menetralisir rasa manis dari gulali tersebut. Rambut nenek ini pun dapat menjadi ide jualan makanan yang terbaik untuk dipilih dikarenakan tingkat permintaannya yang tergolong masih tinggi hingga saat ini.

  • Telur Mini

Selain martabak mini dan pizza mini, terdapat jajanan sekolah lainnya yang juga berukuran mini, yaitu telur mini. Telur mini ini sekilas tampak sama dengan telur mata sapi atau telur dada pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah telur mini berukuran lebih kecil dan berbentuk bulat yang dibentuk dari sebuah cetakan. Telur mini ini pun dapat menjadi ide jualan yang menguntungkan karena peminat dari jajanan ini cukup banyak.

  • Es Gabus

Selain es mambo, Anda juga dapat mengambil ide jualan jajanan tempo dulu berupa es yang tak kalah murah meriahnya, yaitu es gabus. Es gabus merupakan jajanan berupa es krim yang terbuat dari tepung sagu dan santan yang dibekukan kemudian diberi pewarna sehingga es tersebut akan memiliki warna yang bervariasi. Es gabus ini dapat terdiri dari warna coklat, merah mudah, bahkan pelangi. Es gabus pelangi pun menjadi salah satu rasa yang paling difavoritkan oleh anak sekolahan. Harga jual dari es gabus ini pun sangat ekonomis, yaitu sekitar Rp 1.500 sehingga anak sekolahan pun menyukai jajanan ini.

  • Bakso Bakar

Ide jualan makanan yang selanjutnya ini terbuat dari bakso yang diproses dengan cara dibakar. Jajanan yang dimaksud ini adalah bakso bakar. Biasanya bakso bakar ini akan dibentuk seperti sate yang ditusuk dengan tusukan sate-satean. Bakso bakar ini pun dapat menjadi jajanan sekolahan yang mengenyangkan karena satu tusuk bakso bakar ini biasanya terdiri dari 4 sampai 5 bakso. Walaupun isi dari bakso bakar ini terbilang cukup banyak, tetapi harga dari jajanan ini tetaplah ekonomis. Maka dari itu, jajanan ini pun menjadi salah satu yang digemari oleh anak sekolahan.

  • Cilok dan Cimol

Ide jualan makanan yang selanjutnya ini dikenal sebagai jajanan 1000an yang berbahan dasar dari tepung aci atau tapioka, yaitu cilok dan cimol. Dari segi bahan dasar dan bentuk memang cilok terlihat hampir sama dengan cimol. Namun, biasanya cilok ini dilengkapi dengan berbagai isian, seperti daging atau potongan telur dan dilengkapi dengan bumbu sambal kacang dan sambal. Sedangkan, cimol tidak memiliki isi, tetapi dilengkapi dengan bumbu tabur dengan rasa asin hingga pedas.

  • Es Lilin

Ide jualan makanan yang terakhir menjadi rekomendasi adalah es lilin. Sekilas es lilin ini memiliki bentuk yang mirip dengan es mambo dan juga dikemas dalam, kemasan plastik. Tetapi, es lilin ini biasanya berukuran lebih panjang dan terbuat dari tepung maizena yang dicampur dengan bubuk minuman yang bervariasi. Warna dan rasa dari es lilin ini tentunya ditentukan dari campuran bubuk minuman yang digunakan dalam pembuatan es ini. Walaupun ukurannya lebih panjang dan rasanya lebih bervariasi, es lilin ini dihargai mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 2.000. Alhasil jajanan ini pun banyak disukai oleh anak sekolahan. Kira-kira itulah daftar 10+ ide jualan makanan di sekolah yang dapat kami rekomendasikan kepada Anda. Perlu diingat untuk memilih lokasi berjualan yang strategis dan memilih ide jualan makanan yang kekinian dan banyak disukai oleh anak sekolah maupun masyarakat agar bisnis makanan Anda dapat sukses dan rame ya.