Membangun sebuah bisnis memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pastinya selain modal, dalam bisnis juga membutuhkan sebuah relasi. Peran relasi ini sendiri sangat penting demi kemajuan dan perkembangan bisnis. Salah satu pihak yang bisa jadi relasi Anda dalam bisnis adalah dewan UMKM.
UMKM sendiri merupakan suatu wadah atau tempat berkumpulnya para pelaku bisnis. Mulai dari pelaku bisnis tingkat pemula hingga tingkat profesional, biasanya bisa ditemukan dalam sebuah komunitas UMKM ini. Semakin banyak relasi yang didapatkan, semakin bagus untuk perkembangan bisnis Anda.
Daftar isi
Pertimbangan Membangun Relasi Dengan Dewan UMKM
Banyak dari kalangan masyarakat awam yang masih konsisten dengan bisnis tanpa relasi. Alhasil omset yang didapatkan juga tidak bisa maksimal. Masyarakat tersebut kemungkinan masih belum paham apa pertimbangan yang membuat pembangunan relasi dengan dewan UMKM ini dianggap penting.
Maka simak berikut ini beberapa poin penjelasan terkait pertimbangan membangun relasi dengan UMKM sebagai komunitas bisnis online:
1. Mendapat Wawasan Dari Berbagai Aspek
Anda mungkin kurang memahami bagaimana kondisi pasar di luar sana yang semakin hari punya banyak perubahan. Bisnis yang dikelola saat ini pun tidak menjamin memberikan wawasan yang cukup terkait bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut.
Dengan menjalin relasi inilah, wawasan yang lebih luas bisa didapatkan. Berbagai wawasan dari berbagai aspek dan sudut pandang para pebisnis pun bisa didapat dengan mudah sebagai bekal pengembangan bisnis saat ini dan nanti.
2. Akses Peluang Lebih Luas
Tanpa adanya relasi, peluang yang bisa didapat dari bisnis mungkin jangkauannya kecil. Hal ini tentu berbeda dengan adanya relasi. Saat pebisnis punya banyak relasi, ia bisa mendapatkan akses peluang penjualan yang lebih luas dan bahkan akses ini tidak bisa ditemukan sendiri.
Sebagai contohnya jika Anda punya relasi pebisnis yang ada kaitannya dengan bisnis yang sedang dijalani, maka tidak menutup kemungkinan bisa diadakan kolaborasi pemasaran. Tentu saja hal ini akan membuat peluang optimalisasi omset jadi lebih besar.
Tidak harus melalui kolaborasi, Anda pun bisa memperbesar peluang dengan mendapatkan akses iklan dari relasi yang dimiliki tersebut. Intinya, ada banyak hal yang bisa didapatkan dari relasi ini.
3. Hemat Waktu dan Tenaga
Bayangkan saja jika Anda berbisnis sendiri tanpa adanya relasi, tentu Anda akan disibukkan dengan kegiatan memasarkan usaha sendiri dan harus berjuang sampai membuat pelanggan meningkat. Anda pun akan banyak menyita waktu yang seharusnya bisa dipakai lebih bersantai.
Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi yang mana pebisnis punya relasi. Kolaborasi penjualan hingga pemasaran bisa dilakukan bersama dengan relasi yang dimiliki. Omset besar pun bisa didapatkan dalam waktu lebih cepat. Tidak menyita tenaga bahkan waktu Anda. Efektif.
Tips Bangun Relasi di Komunitas Bisnis Online
Tak hanya relasi dalam jangkauan offline, Anda juga perlu membangun relasi secara online. Jaman sekarang banyak hal serba online, sehingga rasanya sangat pas jika Anda mulai bergabung dengan komunitas bisnis online. Lantas bagaimana caranya? Simak berikut ini beberapa tipsnya:
1. Bergabung Dengan Komunitas yang Tepat
Ada banyak sekali di luar sana berbagai komunitas online yang berhubungan dengan bisnis. Anda bisa mulai mencari komunitas yang tepat dan sesuai dengan bidang bisnis yang dikelola.
Misalnya saja dalam hal ini Anda punya bisnis fashion, maka Anda bisa mencari komunitas khusus bisnis fashion. Baik itu komunitas yang ada di media sosial, maupun dari platform online lainnya.
Jika tidak menemukan komunitas sesama fashion, setidaknya yang sama-sama menjual produk. Bisnis jual produk akan tidak selaras jika bergabung dengan komunitas bisnis jual jasa. Salah satu contoh komunitas bisnis online yang bisa Anda ikuti adalah seperti UKM Sumut.
UKM Sumut ini merupakan komunitas bisnis UKM khusus wilayah Sumatera Utara. Platform yang disediakan untuk pendaftaran hingga kini melalui website resmi yang sudah dibuat secara online. Dewan UMKM Sumut membuka kesempatan luas pada para pelaku bisnis untuk gabung.
2. Mulai Mencari Orang yang Tepat
Di dalam satu komunitas bisnis biasanya ada banyak sekali orang yang tergabung di dalamnya. Tentu saja mencari relasi dalam hal ini tidak harus berkenalan seluruh anggota dalam komunitas tersebut.
Anda bisa mulai mencari orang yang tepat dan sejenis dengan bisnis yang sedang dikelola. Contoh kasusnya, jika Anda berbisnis sambil bekerja di perusahaan lain.
Anda bisa mencari orang yang juga punya pengalaman pekerjaan seperti ini. Dengan begitu Anda bisa saling sharing dan mencari pengalaman baru dengan sesama pebisnis tersebut.
3. Proaktif
Sikap proaktif dalam menjalin relasi bisnis online itu sangat penting. Yang dimaksud dengan proaktif di sini adalah menjalin pendekatan dengan relasi yang sudah dikenal.
Meskipun tujuan utama Anda adalah melakukan kerjasama atau mendapatkan info wawasan bisnis, namun tidak bisa dilakukan secara langsung tanpa adanya pendekatan. Hal ini berkaitan erat dengan ilmu sosial terkait cara berinteraksi dengan sesama.
Bayangkan saja jika hanya pernah berkenalan sekali, lantas Anda secara langsung meminta tawaran untuk kerjasama. Tentu hal ini dianggap tidak etis, bahkan Anda akan mendapatkan cap jelek di mata relasi.
Apapun bentuk komunikasi yang akan dijalin, yang terpenting adalah memulai untuk selalu mendekati relasi secara proaktif dan profesional. Jika perlu, tawarkan bantuan yang akan membuat relasi jadi lebih tertarik dengan Anda.
4. Rajin Hadiri Acara Komunitas
Setiap komunitas bisnis online pada saatnya pasti akan mengadakan acara, baik itu acara pertemuan langsung maupun acara webinar. Akan sangat sayang jika Anda melewatkan sekali saja momen acara tersebut, apalagi jika acara tersebut sifatnya gratis.
Jika acara komunitas berkaitan dengan webinar, maka sudah pasti Anda akan mendapatkan banyak ilmu di dalamnya. Jika acara berkaitan dengan pertemuan dan pengenalan anggota, maka hal tersebut jadi kesempatan besar bagi Anda untuk mencari relasi sebanyak-banyaknya.
5. Memanfaatkan Platform Media Sosial
Saat ini ada banyak sekali media sosial yang bisa digunakan. Mulai dari Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, dan masih banyak lagi. Platform-platform media sosial ini bisa dibilang punya peran utama dalam bisnis online.
Bagaimana tidak, hampir semua orang sekarang menggunakan media sosial yang sifatnya online. Dengan menggunakan media sosial, Anda bisa lebih banyak berinteraksi dengan khalayak luas. Ini bisa jadi kesempatan besar untuk memperluas jaringan pemasaran bisnis.
Jika memungkinkan manfaatkan semua jenis media sosial untuk memasarkan bisnis Anda. Namun jika tidak bisa mengimbangi tiap media sosial, Anda bisa berfokus pada 2 atau 3 media saja.
Tak hanya jadi ajang memasarkan bisnis secara online, media sosial pun mampu memberikan peran pentingnya untuk membangun jalinan relasi dalam berbisnis. Komunitas bisnis online juga biasanya diadakan dalam platform media sosial.
Cara Membangun Relasi dengan Daftar di Dewan UKM Sumatera Utara
Komunitas bisnis online memang ada beragam jenisnya. Komunitas UMKM adalah salah satu contoh besarnya. Tiap komunitas tersebut biasanya memiliki dewan UMKM khusus untuk memberikan bimbingan kepada para pelaku bisnis dan bisa juga menjadi perantara terbangunnya relasi bisnis.
Maka dari itu, Anda bisa mendaftarkan UKM Anda di Dewa UKM Sumatera Utara untuk membangun relasi dan mendapatkan keuntungan lainnya.