Menyambut bulan Ramadhan adalah hal selalu dinanti oleh umat Islam. Pada bulan Ramadhan juga merupakan salah satu momen yang dipenuhi oleh berkah yang sangat berlimpah. Tidak hanya bagi sebagian orang, berkah tersebut juga dapat dirasakan oleh para pebisnis karena pada saat bulan tersebut berkah penjualan juga mengalami peningkatan .
Musim libur seperti bulan Ramadan dan Lebaran menjadi salah satu momen yang sangat pas untuk meningkatkan penjualan bagi setiap pemilik usaha atau bisnis, apalagi bagi usaha atau bisnis yang bergerak melalui online. Meskipun demikian, untuk meningkatkan penjualan akan sangat diperlukan persiapan yang baik dan strategi pemasaran yang pasti dalam mempersiapkan bisnis yang dijalani oleh para pemilik usaha atau bisnis.
Pada bulan Ramadhan, kita dapat mengetahui perilaku konsumtif sebagian besar masyarakat meningkat begitu signifikan. Hal itu dapat kita lihat dari bagaimana konsumtifnya masyarakat dalam membeli makanan, minuman, pakaian dan barang – barang lainnya di bulan ramadhan.
Dalam hal ini pelaku usaha dan bisnis dapat memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat meningkatkan penjualan dan omset mereka secara tidak langsung. Kurangnya ketersediaan stok akan sangat perlu diperhatikan mengingat kendala yang akan di hadapi dengan tingginya permintaan pasar selama musim tersebut. Hal tersebut dapat menjadi bumerang yang justru akan menjatuhkan bisnis.
Oleh sebab itu, memiliki persiapan dan strategi yang benar – benar terencana dengan baik akan sangat diperlukan saat menjelang musim Ramadan dan Lebaran tiba. Apa saja strategi yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan bagi pelaku bisnis atau usaha yaitu :
Daftar isi
1. Membuat promo spesial di bulan Ramadhan
Semua orang pasti tentu akan senang mendengar yang namanya promo. Inilah mengapa banyak promo spesial Ramadhan selalu dinantikan oleh semua masyarakat.
Oleh sebab itu banyak para pebisnis atau pengusaha mereka berlomba – lomba untuk memberikan promo yang menarik dan diskon besar – besaran terutama menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran.
Dengan banyaknya saingan, tentu menawarkan promo potongan harga bukan lagi merupakan pilihan yang tepat sebagai promosi. Diperlukan beberapa trik dan upaya tertentu untuk dapat menarik minat konsumen agar dapat memilih produk yang ditawarkan. Anda sebagai pelaku bisnis atau usaha pun harus siap membuat suatu promosi yang menarik perhatian dan unik tentunya, seperti menerapkan strategi bundling atau upper selling yang dapat memberikan nilai tambahan terhadap produk yang akan dibeli di bulan Ramadhan.
Berikut salah satu bisnis yang membuat promo di bulan ramadhan.
2. Memperkuat Kehadiran Online
Mengingat saat ini sebagian masyarakat masih jarang melakukan kegiatan atau aktifitas di luar rumah dan lebih banyak menghabiskan waktunya hanya dirumah saja dan melakukan kegiatan online karena keadaan pandemi yang masih berlanjut pada momen Ramadhan kali ini.
Anda pun harus dapat melihat keadaan dengan memanfaatkan dan memperkuat kehadiran online dari bisnis yang Anda miliki. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat konsisten dalam melakukan hal tersebut, yaitu dengan lebih sering mengupload konten – konten yang lebih menarik di media sosial bisnis yang Anda miliki.
Selain itu, kembangkan juga online presence melalui beberapa channel penjualan online yang terbaru. Pastikan bisnis yang Anda miliki selalu aktif dan selalu dapat menjawab tanggapan maupun pertanyaan dari para konsumen.
3. Merancang kampanye Ramadhan yang menarik
Kampanye pemasaran merupakan bagian kecil dari strategi pemasaran yang dilakukan secara keseluruhan, misalnya untuk menyambut event tertentu. Kampanye pemasaran dapat dijalankan melalui berbagai media sesuai dengan tujuan dari strategi pemasaran tersebut. Media yang dapat digunakan mulai dari email, selebaran, baliho, televisi, radio hingga media sosial saat ini.
Menjelang bulan Ramadhan menjadi salah satu momentum yang sangat tepat untuk membuat strategi yang menarik dalam melakukan kampanye pemasaran. Hal ini pun menjadi sangat dinanti- nanti oleh sebagian besar masyarakat terhadap kampanye pemasaran spesial Ramadhan.
Memahami perilaku konsumen adalah hal yang sangat penting, dimana Anda dapat merancang kampanye pemasaran yang tepat menuju target sasaran Anda. Membuat konten – konten atau video yang menarik biasanya dapat memberikan kesan yang dapat menumbuhkan minat konsumen kepada produk yang Anda miliki.
4. Mengatur Ulang Jadwal Postingan Pada Media Sosial
Mengetahui jadwal dimana masyarakat melakukan kegiatan sehari – hari pada bulan puasa adalah hal yang sangat penting. Perilaku yang berbeda dari biasanya seperti saat puasa orang – orang akan terbangun pada saat jam 3 subuh dan banyaknya masyarakat yang aktif di media sosial pada jam tersebut untuk melakukan sahur dan itu sesuatu yang harus Anda ketahui.
Oleh sebab itu Anda harus dapat mengatur ulang jadwal postingan pemasaran yang dilakukan mengikuti perubahan waktu tersebut. Melakukan postingan pemasaran pada waktu sore hari menjelang berbuka puasa dan pada saat sahur, merupakan prime time yang tepat untuk Anda melakukan posting konten – konten menarik yang Anda miliki.
Secara umum, masing-masing jenis media sosial juga memiliki waktu posting yang berbeda-beda, Anda bisa lihat pada gambar dibawah.
5. Menjalin Kerjasama Dengan Influencer
Untuk dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda, perlu diketahui bahwa pola pikir masyarakat pada saat ini lebih percaya dengan produk yang direkomendasikan oleh para influencer. Tetapi Anda juga harus lebih pintar untuk memilih influencer yang terpercaya untuk dapat diajak bekerjasama dalam memasarkan produk yang Anda jual.
Jalinlah hubungan yang baik dengan influencer yang menurut Anda orang tersebut yang paling cocok untuk dapat berkolaborasi dengan produk yang Anda miliki. Tidak lupa untuk mengetahui pengikut yang dimiliki oleh influencer tersebut apakah masuk dalam kriteria target pemasaran Anda.
Berikut salah satu contoh influencer yang mempromosikan sebuah produk tertentu.
6. Menghadirkan Produk Terbaru Edisi Ramadhan
Pada moment bulan Ramadhan ini merupakan saat yang tepat jika Anda menghadirkan suatu produk dengan inovasi terbaru. Melihat masyarakat saat ini selain melakukan strategi promosi diskon atau potongan harga, ternyata produk yang limited edition atau produk unggulan yang di jual terbatas juga diminati masyarakat kita.
Tidak harus memproduksi produk baru tetapi melakukan sesuatu yang unik pada produk Anda, seperti repacking dengan design yang unik dan pas dengan momen Ramadan. Anda bisa memanfaatkan moment tersebut untuk menjual produk Anda dengan edisi Ramadhan.
Salah satu contoh produk di bulan ramadhan yaitu Hampers, Anda bisa melihat pada gambar dibawah ini.
7. Mengoptimalkan Layanan Pesan Antar
Sebagai pemilik bisnis, And juga perlu melakukan update bisnis dengan mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya yaitu dengan menyediakan layanan pesan antar. Misalnya Anda bisa mengikuti promo free ongkir yang tersedia di berbagai aplikasi layanan pesan antar saat ini. Jadi mempermudah produk yang Anda jual sampai langsung kepada konsumen, lalu Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan lebih mudah mendapatkan orderan.
Nah itulah 7 strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan, semoga 7 strategi tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan dan membuat bisnis Anda semakin berkembang.